Pramuka Aset Penting NKRI

:


Oleh MC Kab. Mempawah, Senin, 4 September 2017 | 09:54 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Mempawah, InfoPublik – Gerakan Pramuka konsisten mendidik kaum muda agar berkarakter. Pramuka menyiapkan generasi milenial untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsa.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Gusti Ramlana saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017 di halaman Kantor Bupati Mempawah, Rabu (30/8).

Membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, Ramlana menyebut Pramuka sebagai garda terdepan bangsa dan Pancasila.

Menurut dia, Pramuka adalah aset penting bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Usia 56 tahun waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan di Indonesia,” ujarnya menilai.

Ramlana menyatakan semangat Gerakan Pramuka tidak pernah pudar. Pramuka bekerja keras memberikan yang terbaik bagi kaum muda dan bangsa Indonesia.

Ia menegaskan, Gerakan Pramuka tidak mengenal sekat-sekat politik, daerah, dan agama. Semuanya terlebur menjadi kebinekaan yang indah. “Untuk itu saya mengimbau kepada publik secara luas, khususnya para orang tua, agar tidak ragu mendukung putra-putrinya mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing,” katanya berpesan.

Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus saat ini dan nanti. Pembangunan sumber daya manusia,katanya, harus sejalan dengan pembangunan fisik.

Hal itu lantaran kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas. Karena itu, ia mengingatkan jajaran Pramuka untuk bekerja sinergis mewujudkan kaum muda yang andal.

“Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal akan melengkapi pendidikan informal yang didapat anak-anak dalam keluarga dan pendidikan formal di sekolah,”jelasnya.

Dirinya menuturkan, pendidikan formal saja tidak cukup untuk menghasilkan kaum muda berkarakter. Adapun peranan keluarga yakni orang tua sebagai pelaku pendidik informal sangat penting.

Namun, persoalan kaum muda sering terjadi di antara rumah dan sekolah. Maka menjadi penting peranan Gerakan Pramuka dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang terjadi dewasa ini.

“Kerja sama sinergis antara lembaga pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal dalam keluarga menjadi keharusan,” ucapnya.

Mencapai visi Gerakan Pramuka, Ramlana menyebut pentingnya Pramuka menjalin kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.

“Saya mengajak semua pihak terkait untuk mari bersama-sama meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa,” ujarnya.

Turut menghadiri upacara jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mempawah dan para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah. (MC.Mempawah/Rio/eyv)