DP3AKB Gandeng Diskominfo dan P2TPA Kemas Informasi Layak Anak

:


Oleh MC Kota Pariaman, Kamis, 31 Agustus 2017 | 10:13 WIB - Redaktur: Tobari - 262


Pariaman, InfoPublik – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman menggelar sosialisasi Informasi yang layak untuk anak tingkat Kota Pariaman, yang diadakan di Aula Hotel Safari Inn Taluak Kota Pariaman, Selasa (29/8) pagi.

Sosialisasi yang dibuka oleh Walikota Pariaman, diwakili Asisten III Lanefi, tersebut diselenggarakan dalam upaya peningkatan tumbuh kembang anak sebagai generasi penerus bangsa.

Hadir dalam acara ini Ketua GOW Ny. Lucyanel Arlym, Ketua Dharma Wanita Ny. Kartini Indra, Kepala DP3AKB Definal, Kadis Kominfo Yalviendri, Kabid. Pendidikan Agama Kakemenag Kadri, Pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA), dan Perwakilan OPD Pemko Pariaman.

Asisten III Setdako Pariaman Lanefi menuturkan sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada semua pemangku kepentingan, agar dapat memberikan prioritas kepada pertumbuhan, perkembangan, dan perlindungan anak dalam kerangka kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak anak.

“Karena dewasa ini sangat banyak sekali tantangan dari media massa baik siaran tv maupun teknologi internet yang membuat anak bebas untuk melihat hal yang sepatutnya belum menjadi kapasitas tontonan anak,” ujar Lanefi.

Ia menambahkan, dengan melakukan pengawasan terhadap anak dan perilaku anak maka hal ini merupakan sebuah upaya menyelamatkan generasi muda bangsa.

Sebagai narasumber, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dermawan mengungkapkan, penanganan terhadap anak dan perempuan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi seluruh pihak terkait.

“Bentuk tanggung jawab inilah sebagai tujuan penyelamatan generasi, dan mampu menjelaskan terhadap anak dan mengemas sebuah informasi yang benar-benar layak untuk anak dalam menumbuhkan karakter yang baik,” kata Dermawan dalam eksposenya.

Sementara narasumber Kadis Kominfo Yalviendri mengungkapkan terdapat dua hal yang harus diatur nantinya, yakni akses terhadap sebuah informasi dan perlunya pemastian kelayakan informasi.

Dalam hal ini, Dinas Kominfo Kota Pariaman nmenyatakan siap membantu pencapaian target, setelah sebelumnya sebanyak empat kali Kota Pariaman menerima penghargaan Kota Layak Anak, dan target berikutnya adalah menjadikan Kota Pariaman yang ramah IT terhadap anak.

Caranya, kata Yalviendri, dengan terus membangun sinergi pihak terkait dengan mengaktifkan terus pustaka daerah dan pustaka keliling, pemanfaatan Mobil MCAP sebagai mediator pembelajaran internet sehat di Kota Pariaman serta mengimbau melalui media online/cetak dan radio tentang perlindungan hak informasi terhadap anak. (phaik/toeb]