Remaja Gunakan Narkoba Akibat Kurang Perhatian Orang Tua

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Rabu, 30 Agustus 2017 | 10:48 WIB - Redaktur: Tobari - 329


Surabaya, InfoPublik - Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim Satriono menyatakan, salah satu penyebab terjerumusnya remaja dalam penyalahgunaan narkoba adalah akibat kurang mendapat perhatian orang tua.

“Jumlah pengguna narkoba di kalangan remaja memang cukup tinggi, dan berdasarkan kajian memang sebabnya variatif tapi yang paling banyak disebut adalah tidak ada komunikasi dan kedekatan secara emosional dengan sang anak,” katanya pada Jatim Newsroom di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, Selasa (29/8).

Ia mengungkapkan saat ini jumlah pengguna narkoba di kalangan remaja sudah mencapai 238.680 orang atau 27,3% dari total pengguna narkoba di Jatim sebanyak 884.000 orang. Orang tua diminta bersahabat dan membangun komunikasi yang baik dengan anak, sehingga setiap perkembangannya dapat dimonitor.

Saat ini pemerintah telah menerapkan kondisi darurat narkoba. Hal tersebut didasarkan pada data BNN yang menyatakan setiap hari ada sebanyak 30 hingga 50 jiwa meninggal akibat mengkonsumsi narkoba.

“Pengguna narkoba di Indonesia mencapai 4,2 juta pengguna dengan rentang usia 10 hingga 59 tahun dari berbagai lapisan dan profesi pekerjaannya. Tidak terkecuali narkoba juga telah menyasar kalangan akademika dan mahasiswa di Indonesia. Dari kalangan mahasiswa se Indonesia sudah mencapai 1,2 juta,” ucapnnya.

Satriono juga mengimbau para pelajar untuk memilih teman yang tepat agar terhindar dari lingkungan dan lingkaran narkoba. Menurutnya, untuk menekan peredaran narkoba di tengah pelajar harus didukung oleh seluruh pihak, tanpa hal tersebut mustahil dapat diberantas.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-luk/toeb)