Bappeda Palangka Raya Fasilitasi Bahas Perencanaan Sanitasi

:


Oleh MC Kota Palangka Raya, Rabu, 30 Agustus 2017 | 07:48 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 479


Palangka Raya, InfoPublik - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palangka Raya memfasilitasi rapat lanjutan membahas perencanaan bidang sanitasi, Selasa (29/8).

Rapat yang dilaksanakan di aula Bappeda ini dibuka Asisten II Setda Kota Palangka Raya, Rahmadi HN didampingi Kabid Perencanaan Bappeda Kota Palangka Raya, Margalis.

Rapat ini digelar dengan agenda mendengarkan paparan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Palangka Raya.

Hadir pula pejabat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Palangka Raya, Dinas Kesehatan Palangka Raya, PDAM Palangka Raya, Aspernas, Real Estate Indonesia (REI), dan pejabat Kementerian PUPR.

Dalam arahannya Rahmadi HN mengharapkan peserta rapat untuk memaparkan semua program yang diinginkan disesuaikan dengan kebutuhan tata ruang wilayah.

Diharapkan program yang direncanakan untuk mengakomodasi kebutuhan pembangunan hingga lima tahun ke depan. Rahmadi tidak ingin pembangunan yang dilaksanakan nantinya bermasalah, sehingga memicuk protes dari masyarakat.

Rahmadi mencontohkan kasus banjir yang terjadi pada Juli 2016, dimana Jalan Tjilik Riwut Km 4 tepatnya depan Kantor Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kalimantan Tengah kebanjiran.

Menurutnya, banjir itu terjadi karena kurangnya koordinasi perencanaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Untungnya saat itu pemerintah pusat dengan cepat membuat jembatan dengan memotong badan Jalan Tjilik Riwut Km 4, sehingga saat ini tidak terjadi banjir lagi, karena air dengan leluasa mengalir ke saluran sekunder yang telah dibuat pemerintah kota.

Berbeda dengan pengalaman banjir tersebut, maka Rahmadi mengharapkan perencanaan yang dibuat oleh bidang keciptakaryaan singkron dengan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pemerintah pusat, sehingga hasil pembangunan yang dilaksanakan ke depannya tidak mengalami masalah. (MC.Kota Palangka Raya/Isen Mulang/Eyv)