Dinas Ketahanan Pangan Boven Digoel Gelar Lomba Cipta Menu Berbahan Baku Lokal

:


Oleh MC Kab Boven Digoel, Minggu, 27 Agustus 2017 | 10:42 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 731


Boven Digoel, Infopublik - Dinas Ketahanan Pangan Boven Digoel  menggelar lomba cipta menu dengan bahan baku lokal yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA).

Lomba cipta menu ini diselenggarakan di aula SMP 2 Tanah Merah, baru-baru ini, dan diikuti seluruh kelompok  PKK di distrik - distrik di Kabupaten Boven Digoel.

Proses penilaian yang dilakukan oleh dewan juri menetapkan PKK Distrik Kouh sebagai juara dengan nilai 336,50.

Penetapan pemenang oleh dewan juri ini berdasarkan beberapa kriteria penilaian dari berbagai kategori seperti penyajian makanan, gizi, dan kerapian pegolahan makanan serta rasa makanan.

Dalam sambutan Kadis Ketahanan Pangan Filicita M Towak, mengatakan program ini dari Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan Nasional bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Pusat, dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Filicita Tuwok juga menekankan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong dan  meningkatkan pemahaman disetiap individu dalam menerapkan bahan baku lokal B2SA, khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga.

Sebelumnya Dinas Ketahanan Pangan Boven Digoel sudah melakukan sosialisasi di 10 distrik.

Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop sangat mengapresiasi kegiatan lomba ini. Menurutnya diperlukan suatu kreativitas yang tinggi serta inovasi untuk menciptakan sesuatu yang baru dan memiliki nilai tambah guna meningkatkan pendapatan dan daya hidup di masyarakat demi perbaikan ekonomi keluarga.

Oleh sebab itu kata Bupati Benediktus, pemerintah akan senantiasa memberikan motivasi bagi masyarakat agar selalu proaktif dan kreatif dalam pemanfaatan mengembangkan dan mengelola potensi sumber daya alam yang ada. (MC Boven Digoel/Madona)