Paringin, InfoPublik – Seluruh kepala desa (kades) se-Kabupaten Balangan serta seluruh camat berkumpul di Aula Benteng Tundakan, Kamis (24/8).

Mereka mendapatkan sosialisasi soal dana desa oleh Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) dari Kejaksaan Negeri Balangan.

Ketua TP4D Kejari Balangan, Bara Mantio Irsahara dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Dalam surat ini diintruksikan kepada seluruh Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh kades.

"Maksud dan tujuan acara ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang keberadaan TP4 Kejari Balangan dalam rangka pendampingan dalam penggunaan dana desa," ujarnya.

Dikatakannya, peran TP4D berperan mengawal dana desa supaya dalam penggunaanya tepat sasaran tepat guna dan akuntabel.

Lebih lanjut menurut Kasi Intel Kejari Balangan ini, dengan demikian desa dapat menghindari penyalahgunaan dana desa serta memberikan pendampingan kepada pemerintah desa supaya tidak menyalahi aturan serta mencegah terjadinya penyimpangan penggunaan dana desa.

"Kami juga mengharapkan para kades dalam membuat perencanaan dan melaksanakan program pembangunan melalui dana desa sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya.

Dengan begitu, menurutnya, tak ada kades yang tersangkut masalah hukum dalam penggunaan dana desa serta penyerapan anggaran bisa lebih maksimal.

Adapun materi disampaikan langsung oleh Plh Kepala Kejaksaan Negeri Balangan Teguh Imanto, dan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

Sementara itu Bupati Balangan H Ansharuddin mengatakan, agar kades selalu berhati-hati dalam menggunakan dana desa, kalau perlu laporan penggunaannya di tempel di kantor desa agar diketahui oleh masyarakat.

"Kemudian di Balangan juga ada sarjana pendamping desa oleh karena manfaatkan keberadaan mereka," ujarnya.

Bupati mengharapkan melalui sosialisasi ini kades di Balangan tak ada yang bermasalah dalam menggunakan anggaran dana desa.(MC Kab. Balangan/Kus)