Wali Kota Palembang Minta Job Fair Lebih Sering Diselenggarakan

:


Oleh MC Kota Palembang, Jumat, 25 Agustus 2017 | 13:53 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 471


Palembang, Infopublik - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Tenaga Kerja menggelar bursa kerja (job fair) di lantai IV Palembang Square Mall, Rabu (23/8).

Acara yang berlangsung mulai hari ini hingga Jumat (25/8/2017), ini secara resmi dibuka Wali Kota Palembang Harnojoyo.

Harnojoyo mengatakan, job fair merupakan wadah untuk memfasilitasi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, dan para pencari kerja (pencaker) yang membutuhkan kerja.

“Melalui job fair perusahaan terbantu dan pencari kerja dapat pekerjaan. Jadi saling membutuhkan,” ujar Harnojoyo.

Ia menyebutkan, berdasarkan laporan dari Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang, peluang bekerja dari 40 perusahaan yang berpartisipasi dalam job fair 2017 ini ada 3.075 lowongan, sedangkan yang terdaftar baru diangka 2019. “Silahkan, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” ucapnya.

Harnojoyo menginginkan bursa kerja lebih sering dilaksanakan, karena antusias pencari kerja sangat tinggi.

“Job fair yang setahun sekali, kami minta diadakan dua kali setahun. Sehingga terbuka kesempatan untuk pencari kerja,” kata Harnojoyo pula.

Data dari Badan Pusat Statistik Palembang, angka pengangguran di kota ini mengalami penurunan. Pada Agustus 2016, tingkat pengangguran di Palembang mencapai angka 6,5 persen, dan turun pada tahun berikutnya menjadi 3,9 persen.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang, Edison, mengatakan, job fair bertujuan meningkatkan serapan kerja dan menyalurkan sumber daya manusia ke perusahaan.

“Kita memfasilitasi perusahaan untuk mendapat kandidat yang terbaik, begitu pun dengan pencaker mendapat kesempatan mencari perusahaan terbaik. Dan di job fair ini terbuka lowongan untuk tanaga kerja baru, berpengalaman, terampil hingga ahli,” ujar Edison.

Selain itu, melalui kegiatan ini dapat menjalin kerja sama yang baik antara Pemerintah Kota Palembang dengan perusahaan-perusahaan. Adapun kegiatan ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya.

“Perusahaan gratis sewa tempat yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas, termasuk pos kesehatan. Peserta juga berkesempatan tes tertulis, wawancara jika dimungkinkan, dan pelayanan kartu kuning untuk pencari kerja,” kata Edison. (Ratih/Hidayatullah)