Menpora Kick Off Liga Santri Nusantara 2017 di Kabupaten Pinrang

:


Oleh Astra Desita, Kamis, 24 Agustus 2017 | 22:52 WIB - Redaktur: Juli - 331


Jakarta, InfoPublik - Menpora Imam Nahrawi bersama Bupati Aslam Patonangi, dan Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, melakukan kick off pembukaan Liga Santri Nusantara (LSN), di Stadion Bau Massepe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Kamis (24/8) sore, seperti yang disampaikan dalam keterangan Kemenpora.

LSN tahun ini akan di ikuti 34 Region se-Indonesia dengan jumlah 1.024 Pondok Pesantren dari seluruh Nusantara. Disaat para pejuang-pejuang olahraga saat ini sedang berlaga habis-habisan membela harkat dan martabat bangsa di SEA Games Kuala Lumpur Malaysia, pada saat yang sama di Pinrang dibuka Liga Santri Nusantara.

"Saat ini di Kuala Lumpur sedang berlaga habis-habisan, ada Timnas Bulutangkis dan Timnas Sepakbola. Mari kita doakan agar panji merah putih terus berkibar dan Indonesia menjadi pemenang," kata Menpora mengawali sambutannya.

Dengan mengangkat tema "Dari Pesantren untuk NKRI", LSN selain menjadi ajang kompetisi bagi santri-santri, juga merupakan wahana pencarian bibit dan bakat potensial sepakbola di kalangan santri. Salah satu ciri khas liga ini adalah karakter santri ditransfer ke dalam kompetisi bola, yang dengan ajang ini diharapkan menjadi sumber pesepakbola andal Indonesia, tangguh secara fisik, mental, dan spiritual.

"Demi masa depan sepakbola Indonesia, untuk sementara waktu saya tinggalkan para pejuang di Kuala Lumpur untuk hadir di Pinrang demi membuka LSN yang merupakan kerja sama Kemenpora, RMI, dan Kabupaten Pinrang. Hormat saya untuk para santri dan seluruh rakyat Pinrang, semoga kedepan semakin banyak lahir pesepakbola handal yang memperkuat timnas kita. Selamat bertanding, jaga sportifitas," tutupnya.

Penentuan Bumi Lasinrang sebagai tempat dimulainya unjuk gigi pesepakbola yang dikenal kaum sarungan ini dinilai dari letak geografis yang strategis diantara dua provinsi Sulsel dan Sulbar yang merupakan Region Zona Sulawesi 2.

Kick Off LSN ditandai dengan tendangan pertama sekaligus gocekan bola Menpora hingga masuk gawang. Kesebelasan yg mendapat kehormatan mengawali bergulirnya liga adalah Ponpes Manahilil Ulum DDI Kaballangan B vs Ponpes At Taqwa Jampue Pinrang. Hadir Wakil Bupati Pinrang Muh Darwis Bastama, Asdep Pengelolaan Ordik Kemenpora Arifin Majid. Selain itu, Asdep Pengelolaan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahadian, Ketua PP RMI NU Abdul Ghafarrozin, Ketua PKB Sulsel Azhar Arsyad, Direktur Region LSN 2017 Harianto Ogie, Koordinator LSN Zona Sulawesi 2 Alimuddin Budung, Forkompimda Pinrang.