Bupati Boven Digoel Buka Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Kampung

:


Oleh MC Kab Boven Digoel, Kamis, 24 Agustus 2017 | 15:05 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 604


Boven Digoel, Infopublik - Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop menghadiri pembukaan kegiatan pelatihan perencanaan dan penganggaran kampung di aula Gereja Rehobot Kabupaten Boven Digoel, (24/8/2017).

Kegiatan yang melibatkan tiga distrik yaitu Distrik Mandobo, Distrik Jair, dan Distrik Subur Kabupaten Boven Digoel, akan dilaksanakan selama tiga hari.

Bupati Benediktus Tambonop dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa, maka dalam proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya desa dalam rangka tujuan pembangunan desa.

Untuk itu dokumen rencana pembangunan jangka menengah kampung (RPJMK) memuat visi dan misi kepala-kepala kampung, tentang arah kebijakan penyelenggaraan pemerintah kampung, bidang pemerintah kampung, dan pelaksanaan pembangunan kampung, pembinaan kemasyarakatan kampung serta pemberdayaan masyarakat kampung.

Lebih lanjut Bupati Benediktus Tambonop menyampaikan bahwa pemerintah daerah Kebupaten Boven Digoel bekerja sama dengan program Landasan Fase II, bertujuan untuk mendorong adanya perbaikan dan peningkatan kualitas dan tata kelola pelayanan dasar melalui peningkatan kualitas perencanaan dan penganggaran kampung.

Bupati pun berharap kepada para kepala kampung, sekretaris kampung dan kader kampung yang terlibat dalam kegiatan ini agar dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik, dan dapat melakukan pembenahan serta perbaikan terutama dalam proses perencanaan dan penganggaran di kampung, sehingga dokumen perencanaan dan penganggaran yang disusun nantinya dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di kampung.

Ia juga menegaskan agar dapat memberikan dukungan guna suksesnya pelaksanaan program ini sehingga nantinya dari hal-hal yang baik dan berhasil lewat program landasan ini dan dapat dilanjutkan juga ke kampung-kampung lain serta distrik di luar program landasan.

Sementara itu Ketua Umum Provinsi Papua Dan Implemenling Menager Program Landasan II Kompak Bakti, George Corpuli, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari program Landasan fase II ini sudah sampai ditahapan melatih di kampung-kampung dari tiga distrik tersebut.

Kita ingin dari tiga distrik  dan 14 kampung ini mempunyai kemampuan untuk secara mandiri membuat perencanaan dan penganggaran, katanya.

Kami pun sangat berharap proses ini bisa berjalan dan berlanjut serta mendorong semua kampung yang berada di tiga distrik sudah menyelesaikan sistem data argumen, maka kita bisa menghasilkan standar pengembangan kampung yang berbasis pada kontes lokal Kabupaten Boven Digoel, kata George Corpuli. (MC Boven Digoel/Madona)