Lanal Gotong-royong Bersihkan Pantai Tanjungriau

:


Oleh MC Kota Batam, Kamis, 24 Agustus 2017 | 09:36 WIB - Redaktur: Tobari - 473


Batam, InfoPublik - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Kesehatan, Koramil Batam Timur, Polsek Sekupang, Marinir, Satpol PP kota Batam, siswa MA dan MTS Tanjungriau, dan siswa Saka Bahari, dan masyarakat setempat, melakukan goro membersihkan Pantai Tanjungriau dari sampah, Selasa (22/8).

Kegiatan yang dikoordinir langsung oleh Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo ini, merupakan aksi peduli lingkungan sebagai rangkaian kegiatan menyambut peringatan HUT TNI AL ke-72 Tahun 2017 yang diperingati setiap tanggal 10 September. 

"Ini bentuk kepedulian kita bersama membebaskan pantai dari sampah," ungkap Kolonel Ivong di sela-sela memungut sampah yang berserakan di pantai Tanjungriau. Disebutkan, bahwa keberadaan sampah di pantai lebih berbahaya ketimbang di daratan. Pasalnya, bisa membunuh biota laut. 

Aksi bersih-bersih pantai tersebut, merupakan instruksi pimpinan TNI AL agar masyarakat peduli dengan kebersihan lingkungannya serta bertujuan untuk membangun kesadaran pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan laut.

"Arahan dari pimpinan TNI AL, juga sebagai upaya mendukung program maritim dengan lebih mencintai lautnya," ujar  Danlanal Batam didampingi Ketua Cabang 5 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada Barat Ny Herlina Ivong dan Ketua Goro bersih pantai,  Mayor Laut (PM) Syarifuddin.

Khusus kepada prajurit Lanal, Kolonel Ivong mengingatkan semua prajurit harus dapat menjadi pelopor bagi masyarakat sekitarnya dalam upaya menjaga kelestarian dan kebersihan laut dengan cara tidak membuang sampah ke laut khususnya sampah plastik dan non organik lainnya. 

"Prajurit Lanal harus menjadi pelopor tidak membuang sampah ke laut, karena sebagian besar masyarakatnya menggantungkan hidupnya pada sumber daya laut," tegasnya. 

Ditempat yang sama, Sekretaris DLH Batam Marzuki yang turun langsung dalam kegiatan itu, mengaku sangat mendukung kegiatan peduli lingkungan yang dilakukan Lanal Batam. Sebab kegiatan tersebut tidak sekedar bersih pantai, tetapi juga menjadi ajang sosialisasi agar masyarakat tidak membuang sampah ke laut. 

"Tidak hanya kegiatan bersih-bersih, tapi juga jadi ajang sosialisasi agar masyarakat tidak buang sampah ke laut," ungkap mantan Sekwan Batam ini. 

Apalagi menurutnya, sebagian daerah sudah menjadikan rumah-rumah pinggir laut sebagai daerah wisata, karena dibutuhkan kesadaran masyarakat agar daerah pinggir laut Batam juga bisa menjadi obyek wisata yang tak kala menarik dari daerah lain. (HK/toeb)