KPK Diharapkan Lebih Banyak Sosialisasi Upaya Pencegahan Korupsi

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Rabu, 23 Agustus 2017 | 20:34 WIB - Redaktur: Tobari - 239


Bone Bolango, InfoPublik – Bupati Bone Bolango Hamim Pou menghadiri rapat koordinasi (Rakor) pencegahan dan penindakan korupsi terintegrasi tingkat Provinsi Gorontalo, yang digelar di Ruang Dulohupa Kantor Gubernur Gorontalo, Rabu (23/8).

Kegiatan Rakor tersebut dihadiri langsung Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wakil Gubernur Idris Rahim, dan Bupati/Walikota, dan unsur Forkopimda se Provinsi Gorontalo.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan ada dua hal dalam meminimalisasi peluang-peluang atau penyimpangan terutama korupsi, yakni pertama dalam sektor pengadaan barang dan jasa, dan yang kedua dalam sektor perijinan.

Hamim menambahkan yang paling penting adalah konsistensi pemerintah daerah mulai dari aspek perencanaan dan juga penganggaran. Sekarang yang sering jadi masalah adalah tidak direncanakan tapi tiba-tiba ada anggarannya, itu yang akan jadi temuan dan akan dianggap sebagai salah satu penyimpangan.

Oleh karena itu, Bupati berharap kedepannya KPK lebih memperbesar porsinya untuk melakukan sosialisasi seperti ini, dalam upaya-upaya pencegahan dengan penataan sistem yang baik dan juga konsistensi antara perencanaan dan pengawasan. 

Hamim megatakan ada masalah di personalnya, inspektorat auditornya masih kurang. “Saya kira ini soal transparansi, kalau semua terbuka, regulasi jelas dan kita tidak ada motif-motif pribadi,  maka semuanya akan lega,”ujarnya.

Bupati menambahkan sudah ada payungnya, RPJMD, dan kemudian dengan menerjemahkan visi-misi kepala daerah dan juga ada RKP dan RKPD. ”Kalau ini konsisten dalam perencanaan dan anggaran saya kira kita bisa meminimalisasi masalah-masalah di kemudian hari, terutama korupsi,” katanya. (MC Bone Bolango/Hms/Adit/Kadir/toeb)