Menkes: Bonus Demografi Harus Disikapi Melalui Program Bidang Kesehatan

:


Oleh Putri, Rabu, 23 Agustus 2017 | 21:21 WIB - Redaktur: Juli - 927


Jakarta, InfoPublik - Saat ini, proyeksi populasi Indonesia mencapai lebih dari 250 juta orang. Indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demografi pada 2020 sampai tahun 2035.

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan jumlah penduduk usia produktif saat itu akan mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Hal tersebut jadi peluang Indonesia untuk menjadi negara maju.

"Di sektor kesehatan, Bonus demografi harus disikapi melalui program bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sehingga dapat terhindar dari bencana demografi," kata Menteri Nila Rabu (23/8).

Indikasi bencana demografi yang mungkin terjadi yakni, penurunan angka kelahiran tidak sebanding dengan peningkatan umur harapan hidup. Dampaknya, beban tanggung usia produktif semakin meningkat, selain itu, terjadinya pergeseran pola penyakit dari menular ke tidak menular.

Untuk itu Menteri Nila mengajak pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, bersama pemerintah pusat saling beriringan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program yang inovatif, sehingga apa yang dicita-citakan bersama dapat terwujud.