TP PKK Kabupaten Merangin Kunjungi Desa Sambogunung

:


Oleh MC Kabupaten Gresik, Rabu, 23 Agustus 2017 | 14:45 WIB - Redaktur: Tobari - 422


Gresik, InfoPublik – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Merangin Provinsi Jambi tergiur untuk mengunjungi desa Sambogunung, menyusul keberhasilan desa tersebut menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sehingga mengantarkan desa Sambogunung kecamatan Dukun Gresik meraih prestasi.

Dengan dipimpin oleh Ketua TP PKK Kabupaten Merangin Hesnidar Haris, didampingi Wakil Ketua TP PKK Emi Minarsih Khafid, bersama anggota TP PKK desa se-Kabupaten Merangin beramai-ramai berkunjung ke desa Sambogunung, Rabu (23/8) pagi.

Kedatangan 236 anggota TP PKK se-kabupaten Merangin tersebut, disambut oleh Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto bersama Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Hj. Maria Ulfa Sambari, dengan didampingi oleh Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Gresik Hj. Zumrotus Sholichah Qosim serta para kader PKK dan masyarakat desa setempat.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Merangin mengatakan bahwa kedatangannya beserta rombongan bertujuan untuk belajar tentang PHBS di desa Sambogunung. Disamping itu juga untuk peningkatan kapasitas para Ketua TP PKK se-Kabupaten Merangin.

“Kami ingin belajar terkait penerapan PHBS di desa Sambogunung ini. Kami penasaran, apa saja program-program yang diterapkan sehingga desa Sambogunung ini mampu meraih prestasi di tingkat Nasional. Disisi lain juga kami ingin bersilaturrahmi,” kata Hesnidar Haris.

Terkait hal itu, Hj. Maria Ulfa Sambari selaku Ketua TP PKK Kabupaten Gresik langsung mengajak para rombongan untuk berkeliling desa Sambogunung. Dengan gambling, ia menjelaskan sepuluh indikator rumah tangga ber-PHBS.

Sepuluh indikator tersebut adalah Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberi ASI ekslusif, Menimbang balita setiap bulan, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di setiap rumah seminggu sekali, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktifitas fisik setiap hari, dan Tidak merokok di dalam rumah.

Atas kunjungan yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Merangin tersebut, Hj. Maria Ulfa Sambari berharap agar program-program yang dicanangkan di desa Sambogunung terkait PHBS dapat diterapkan di Kabupaten Merangin dan Kabupaten-kabupaten lainnya, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga apa yang dilihat dan dipelajari para ibu-ibu TP PKK Kabupaten Merangin disini bisa menambah pengetahuan dan memberi manfaat pada semuanya sehingga nantinya dapat diterapkan dengan baik,” kata Hj. Maria Ulfa Sambari di hadapan para TP PKK Maringin.

Sementara itu, Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto mengapresiasi kunjungan yang dilakukan oleh rombongan TP PKK se-Kabupaten Merangin itu.

Menurutnya, kader PKK di Kabupaten Gresik terutama di desa Sambogunung selalu memperoleh pembinaan dan pembekalan, sehingga mampu menghidupkan program-program PKK di wilayahnya masing-masing. (iis / Humas pemkab Gresik/toeb)