Bupati Buka MTQ Ke-XVII Tingkat Rohul 2017

:


Oleh Prov. Riau, Rabu, 23 Agustus 2017 | 12:53 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 283


Rokan Hulu, InfoPublik-Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVII Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2017, yang dipusatkan di Purna MTQ Dataran Tinggi Pematang Baih, resmi dibuka Bupati Rohul H. Suparman S.Sos, M.Si, Senin Malam, (21/8), dan ditutup dengan pesta kembang api.

Suasana malam hari di atas ketinggian Masjid Agung Islami Centre Rohul dan Purna MTQ Dataran Tinggi Pematang Baih, kembang api berwarna-warnai dan detuman suara berbagai gemuruh kembang api, menambah suasana malam itu bertambah meriah. Apalagi suara hiruk dari masyarakat, yang menyaksikan pembukaan MTQ malam itu menambah suasana kemeriahan pembukaan MTQ.

Selain Bupati Rohul, H Suparman, bersama Wakil Bupati Rohul H. Sukiman, Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Drs. H. Ahmad Suparman Hasibuan MA dan bersama rombongan, Anggota DPRD Riau Masgaul Yunus Anggota DPRD Rohul, bersama-sama pencet tombol dirine ditandainya pembukaan MTQ ke XVII Rohul.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ XVII Tingkat Rohul, Ir. Muhammad Ruslan M.Si dalam laporannya menyatakan, tujuan digelarnya MTQ tingkat kabupaten untuk menjaring bibit-bibit MTQ di Kabupaten Rohul yang akan ikuti MTQ ke-36 tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai pada 2 Desember 2017 mendatang.

Pada pelaksanaan MTQ XVII Tingkat Rohul, kata M. Ruslan, yang juga Asisten II Setdakab Rohul, akan digelar selama tujuh hari  dimulai 21-27 Agustus 2017, yang dipusatkan di Dataran Tinggi Pematang Baih, diikuti peserta dari 16 kecamatan.

“Cabang MTQ yang diperlomb‎akan ada lima cabang besar, terdiri Cabang Tilawatil, Hafitz, Tartil Quran, Syarhil Quran, dan Cabang Fahmil Quran. Hadiah bagi para juara, kata M. Ruslan,‎ sudah disediakan uang pembinaan dan piala yang akan diberikan kepara juara terbaik satu, dua dan tiga, serta juara harapan satu, dua, dan tiga,”ujarnya.

Dalam arahannya, Bupati Rohul, H Suparman.S,Sos,M.Si menegaskan, MTQ tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena dilaksanakan rutin mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional. Demikian juga di Kabupaten Rohul, Riau.

Jelasnya lagi, MTQ sebagai ajang tepat untuk berdakwah secara efektif dan menjadi daya dorong cepat dalam memacu pembangunan daerah.‎

Kemudian, MTQ yang dilaksanakan diharapkan Bupati Suparman, agar dapat membumikan Al Quran di Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau juga dapat meningkatkan ketaqwaan masyarakat Muslim.

“Sebagai Negeri Suluk, tentu Kabupaten Rohul juga terus melakukan pembinaan, namun sejauh ini pembinaan dilakukan melalui sekolah Tahfiz. Hingga saat ini, ada sekitar 30 anak yang sudah hafal beberapa juz Al Quran,”

“Tentunya kita ada target, untuk menjadi yang terbaik di MTQ tingkat Provinsi Riau," harap Bupati Rohul Suparman, saat ditanya target di MTQ ke-36 Tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai, 2 Desember 2017 mendatang.

Sementara, disebutkan Kakanwil Kemenag Riau Ahmad Supardi‎ Hasibuan, dirinya sangat mengapresiasi prestasi Kabupaten Rohul di MTQ tingkat Provinsi Riau. Sebab, Rohul satu-satunya daerah yang pernah meraih juara tiga kali secara berturut-turut‎, dan mendapatkan piala tetap di MTQ tingkat Riau.

Walaupun demikan, Ahmad Supardi mengatakan, masih perlu dan ditingkatkan lagi pembinaan keagamaan, sehingga lahir generasi yang ahli membaca dan memahami isi kandungan Al Quran.

Jelas Mantan Kakan Kemenag Rohul lagi, masih perlu dilakukan penguatan kerja LPTQ dan hal itu harus disupport oleh pemerintah daerah, dan pembinaan keagamaan sejak dini, seperti melalui madrasah dan pondok pesantren.

Pemkab Rohul diharapkan terus menggalakan Magrib Mengaji dalam mengajak masyarakat membaca dan memaknai isi dan kandungan Al Quran. Sudah seharusnya MTQ digelar mulai tingkat desa,” imbaunya.(MC Riau/sal/eyv)