Pangkep Operasikan Dua Truk Compactor Atasi Masalah Sampah

:


Oleh MC Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Rabu, 23 Agustus 2017 | 12:01 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Pangkep,Info Publik.--Pemkab Pangkep melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan memulai mengoperasikan dua truk compactor.

Kedua kendaraan modern ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan sampah dan berbuah kembalinya piala adipura di Kabupaten Pangkep.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan,Ir.H.Agus, yang ditemui Rabu (23/8) di Pangkajene, menjelaskan tentang berbagai upaya untuk terus mempertahankan kembalinya piala adipura ke Pangkep untuk tahun 2018 mendatang.

Salah satunya dengan mengoperasikan mobil truck compactor. Ia menjelaskan untuk armada pengangkut sampah yang di Pangkep kini sudah mencapai 12 unit.

Namun,beberapa di antaranya dalam kondisi rusak.Truk compactor ini, diharapkan dapat melayani sampah di pasar Pangkajene dan wilayah perkotaan.

Jumlah sampah yang diproduksi masyarakat Pangkep mencapai 150 kubik per harinya. Untuk truck compactor dapat mengangkut sampah sebanyak 5 ton.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Bachtiar, menjelaskan kemampuan truk compactor ini dapat diandalkan dan mengolah semua jenis sampah secara seketika. Sampah-sampah yang ada selanjutnya ditekan dan tidak menimbulkan aroma tidak sedap.

Pangkep, katanya, seharusnya masih membutuhkan truck compactor setiap kecamatan di wilayah daratan dan pegunungan. Kendaraan pengangkut sampah kini melayani 9 kecamatan dari 13 kecamatan yang ada di Pangkep. Untuk 4 kecamatan lainnya di wilayah kepulauan tidak terlayani mobil sampah. ( MC.Pangkep/rudi/edi/eyv)