Puluhan Warga Tanta Ikuti Operasi Katarak Gratis

:


Oleh MC Kab.Tabalong, Selasa, 22 Agustus 2017 | 08:07 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 364


Tanjung, InfoPublik - Puluhan warga Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengikuti operasi katarak gratis yang diadakan PT Adaro Indonesia bekerja sama dengan puskesmas setempat.

Perwakilan PT Adaro Indonesia Leni Marlina di Tanjung, Jumat, (18/8) mengatakan kegiatan itu salah satu program unggulan Adaro melalui program tanggung jawab sosial perusahaannya.

"Operasi katarak menjadi program unggulan dan berkelanjutan sebagai komitmen kepedulian Adaro kepada masyarakat," kata Leni yang saat ini menjabat sebagai Manager Corporate Social Responsibility.

Kegiatan itu juga dilaksanakan dalam rangka memperingat Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-65.Ketua Bhayangkari Polres Tabalong Tanti Hardiono pun turut hadir dalam kegiatan operasi katarak gratis yang dipusatkan di Kecamatan Tanta.

"Peserta operasi katarak harus benar-benar menjaga kesehatan dan menggunakan penutup mata pascaoperasi agar pengobatannya efektif,"jelasnya.

Pembukaan operasi katarak gratis dengan sasaran 60 peserta itu, juga dihadiri Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, Sekda Abdul Muthalib Sangadji, Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, Camat Tanta Rusmadi, dan sejumlah undangan lainnya.

Salah satu penderita katarak yang berhasil melaksanakan operasi, Muhammad Aulia, membagi pengalamannya di mana mata sebelah kirinya sekarang sudah kembali normal.

Sebelumnya, Aulia sempat kebingungan harus menyiapkan dana Rp10 juta untuk operasi katarak ke Kota Banjarmasin."Dari informasi teman akhirnya bisa ikut program operasi katarak gratis dan sekarang penglihatan saya kembali normal," ungkap Aulia.

Program operasi katarak gratis juga dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan sasaran 60 orang dan Barito Timur (Kalimantan Tengah) 43 orang. (MC Tabalong/Ma/Eyv)