Sumsel Raih Juara Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

:


Oleh MC Provinsi Sumatera Selatan, Senin, 21 Agustus 2017 | 10:48 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Palembang, InfoPublik - Provinsi Sumatera Selatan untuk ke- 6 kalinya berhasil menjuarai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017 yang di wakili SMA Negeri 1 Palembang berhasil meraih Juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Kategori Sekolah

Penganugerahan ini diberikan dalam Acara Penganugerahan Pemenang Lomba Sekolah Sehat Tahun 2017 di Kirana Ballroom, Hotel Kartika Chandra Jakarta, Jumat (18/8).

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Moeloek mengatakan lomba sekolah sehat merupakan program rutin yang dilakukan kementerian kesehatan setiap tahunnya. Sekolah didorong untuk menciptakan lingkungan yang sehat sehingga menjadikan siswa dan penghuni sekolah lainnya juga mendapatkan manfaat sehat.

Menurut Menkes, sekolah bisa menjadi wahana untuk mengkampanyekan hidup sehat. Melalui budaya dan kebiasaan yang sederhana, siswa didorong melakukan pola hidup sehat dan menjadi contoh bagi lingkungan skeitarnya.

“Sehat bisa dari cara yang gampang seperti membuang sampah pada tempatnya,  kebiasaan cuci tangan, dan lainnya,” kata Menkes.

Ia berharap sekolah-sekolah yang memenangkan lomba sekolah sehat tingkat nasional 2017 bisa menjadi tauladan bagi sekolah lainnya. Bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya untuk melakukan hal serupa.

Sementara Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Achmad Najib memberikan apresiasi yang setingginya atas prestasi yang diraih kedua sekolah dan berharap semoga kemenangan ini akan menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah yang ada di Sumatera Selatan untuk dapat mengikuti kegiatan perlombaan seperti ini dan menjadikan semua sekolah yang ada di Sumsel adalah Sekolah Sehat, ujar Najib.

Kepala Dinas Kesehatan Prov.Sumsel yang juga turut hadir, Lesty Nuraini mengatakan “Semoga keberhasilan SMA N 1 Palembang dan SD N 1 Timbul Harjo Kab. OKI  dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan Trias UKS dalam kehidupan di sekolah maupun sehari-hari di rumah”.

Puskesmas sebagai garda terdepan dalam pembinaan kesehatan yang dapat mengintervensi secara tuntas permasalahan kesehatan pada peserta didik di sekolah mempunyai peran yang sangat besar.  Sehingga diharapkan kedepan program ini akan dapat mempercepat tercapainya indonesia sehat melalui pendekatan keluarga karna mengingat 35% Penduduk indonesia adalah anak usia sekolah.

Mari bersama kita implementasikan 

"Salam UKS!!!.... Sehat itu dimulai dari SAYA...!!!", pungkas mantan Kepala Bapelkes Prov.Sumsel.

Hadir dalam acara ini Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Achmad Najib, Kepala Diknas Prov. Sumsel, Widodo, Kadiskes Prov.Sumsel, Lesty Nuraini, Rektor Universitas Taman Siswa yang merupakan Ketua Komite di SMU N 1 Palembang,

Kadinkes Kota Palembang, Kadinkes Kabupaten OKI, Kabag Kesra Kab OKI, Kabag Kesra Kota Palembang, Kabid Yandas Dinkes Prov. Sumsel, Kabid Yandas Dinkes Kota Palembang, Tim Pembina UKS Provinsi dan Kota Palembang, 19 Kepala Sekolah Se-Sumsel, Pelaksana Program UKS Puskesmas dari Kota Palembang dan Kab.OKI, Para Guru SMU N 1 dan SD N1 Timbul Harjo.(MC Diskominfo Prov.Sumsel/TM/AM/CleY/Eyv)