PDAM Bone Bolango Peringkat 7 se-Indonesia PDAM Sehat

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Sabtu, 19 Agustus 2017 | 08:00 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 2K


Bone Bolango, Infopublik - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bone Bolango berhasil menduduki peringkat ke tujuh secara nasional dalam penilaian PDAM sehat kategori kecil.

Sementara untuk Indonesia Timur, PDAM Bone Bolango menduduki peringkat ke tiga setelah PDAM Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan PDAM Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

“Di Provinsi Gorontalo, ada dua PDAM yang sehat, yakni PDAM Kota Gorontalo dan PDAM Kabupaten Bone Bolango,” ujar Direktur PDAM Bone Bolango Yusar Laya pada apel pagi yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PDAM Bone Bolango ke-6 tahun 2017, di halaman kantor PDAM Bone Bolango, Rabu (16/8).

Sementara itu, menanggapi prestasi yang membanggakan yang diraih PDAM, Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat didaulat menjadi pembina pada apel pagi tersebut, mengatakan merasa bangga dan mengapresiasi pencapaian yang diraih PDAM Bone Bolango ini.

“Saya sampaikan selamat kepada PDAM sehat ke tujuh kategori kecil untuk PDAM Bone Bolango. Apalagi di Provinsi Gorontalo, hanya dua daerah yang mempunyai kategori sehat, yakni PDAM Kota Gorontalo dan PDAM Bone Bolango,” ujar Bupati Hamim Pou dan berharap pada tahun 2018 nanti PDAM Bone Bolango bisa masuk dan menduduki 4 besar PDAM sehat se Indonesia.

Menurut Bupati Hamim Pou, ada dua hal tentang PDAM sehat, yakni sehat kantongnya atau keuangannya dan sehat layanannya.

Dengan aset PDAM Bone Bolango saat ini yang kurang lebih Rp52 miliar dan sudah di audit oleh BPK RI, tentu itu relatif masih kecil karena kita masih kategori kecil. Tapi itu juga menandakan bahwa pencatatan aset PDAM kita makin rapi dan baik, katanya.

Jika mau dipercaya, lanjut Hamim Pou, maka PDAM ini harus punya kemampuan mengelola keuangan dan asetnya dengan baik. Kalau aset tidak tercatat dan tidak tahu mau ditelusuri dimana, maka orang juga tidak percaya terhadap perusahaan ini.

Karena itu, persyaratan yang utama dari PDAM sehat itu, yang pertama sehat kantong walaupun kecil tapi harus semua sehat.

“Saya harapkan walaupun kecil misalnya ada kewajiban kepada pihak ketiga itu tidak boleh membebani pergerakan perusahaan ini,” imbau Bupati Hamim Pou yang turut didampingi Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone, Asisten II Tanwir Ali, Asisten III Syarifudin Uloli, Dewan Pengawas PDAM Yakub Tangahu, dan Kabag Humas dan Protokoler Rizal A Djunaid.

Kemudian, sehat yang kedua adalah sehat layanannya. Kita ini, kata Bupati diberi target oleh pemerintahan Presiden Jokowi agar cakupan layanan air bersih itu pada tahun 2019 sudah100 persen. 

Nah, PDAM harus mengambil peran dan tanggung jawab untuk memenuhi cakupan layanan air bersih 100 persen tersebut. Ini tentu tidak mudah butuh kerja lebih keras lagi dan mungkin tambah anggaran, menyiapkan infrastruktur, dan menambah orang.

Tapi disaat yang sama kita juga harus membangun kesadaran pelanggan untuk patuh membayar kewajibannya agar PDAM bisa tetap hidup.

Karena itu, Bupati Hamim Pou mengimbau kepada PDAM Bone Bolango, selain terus menambah pelanggan dan itu harus dilakukan, karena itu bagian tugas untuk menjaring atau menambah pelanggan sebanyak banyaknya. Disaat yang sama harus memastikan tidak ada air bersih yang tidak tertagih maupun terbayarkan.

“Jadi tugas anda semua air tidak boleh bocor dan uang juga tidak boleh bocor. Artinya pipanya tidak ada yang boleh bocor dan uang juga tidak boleh bocor kemana mana,” tegas Bupati dan menegaskan kembali uang PDAM tidak boleh ada yang korupsi.

Jangan ada yang korupsi, tidak boleh ada kebocoran, baik bocor air maupun kebocoran uang. Uang PDAM bukan uang anda, bukan uang pribadi kita.

Tantangan terbesar kita, kata Bupati Hamim Pou bagaimana PDAM ini makin besar dan duitnya juga makin banyak, tapi awas jangan sampai kita menjadi terlena dan menganggap uang PDAM milik kita.

“Uang PDAM bukan uang kita, ini uang rakyat Bone Bolango. Anda disini diberi amanah untuk mengelola PDAM agar sehat dari hari ke hari dan jumlah pelanggan lebih banyak dan nol tunggakan, itu yang saya harapkan,” pungkasnya. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)