Jayapura, InfoPublik- Bendera merah putih berkibar di sepanjang jalan lintas batas menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw, yang terletak di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Pantauan InfoPublik, Kamis (17/8), dari ujung kota Jayapura ke distrik Heram sampai ke distrik Muara Tami, ribuan bendera merah putih berkibar hingga ke PLBN Skouw. Kepala Distrik Muara Tami, Supriyanto menjelaskan, hal ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-72 RI.

"Sebenarnya sudah ada. Dari tahun-tahun lalu juga sudah dimulai. Namun sekarang radiusnya diperpanjang," kata dia kepada InfoPublik di Distrik Muara Tami,

Jayapura. Menurut dia, jumlah bendera yang menghiasi jalur perbatasan mencapai ribuan. "Ada ribuan. Disini saja bisa kita lihat jumlahnya berapa," ujar dia.

Dia menjelaskan, hal ini dilakukan untuk memerah-putihkan perbatasan. Ini juga dilakukan atas partisipasi warga masyarakat bersama pemda setempat. "Kami bagi sesuai lini. Satgas, kepala kampung diwilayahnya, kami (distrik), kelurahan dan RT/RW," ujar dia.

Kendati demikan dia mengakui masih ada masyarakat yang enggan berpartisipasi dalam pemasangan bendera tersebut. "Kami tidak menjadikan hal itu sebagai permasalahan. Tetap kita dorong bahwa ini adalah Indonesia," tegas dia.

PLBN Terpadu Skouw, diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. PLBN ini berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini (PNG).