Jakarta, InfoPublik - Upacara Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72 yang diselenggarakan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (17/89) berjalan secara khidmat, bahkan peserta upacara sampai meneteskan air mata.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault dalam pidatonya mengingatkan jasa-jasa para pahlawan untuk negeri ini. Mereka, para pahlawan telah berusaha keras dan berdarah-darah merebut kemerdekaan sehingga rakyat Indonesia sekarang bisa merasakan manisnya kemerdekaan tersebut.

“Dalam segala aktivitas kalian, ingatlah bahwa ada pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa nya untuk Indonesia merdeka, dan membuat kalian besar hingga saat ini,” ujar Kak Adhyaksa kepada peserta upacara, seperti tercantum dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (17/8).

Ditambahkannya, ada banyak pahlawan-pahlawan bangsa Indonesia yang belum dituliskan riwayat hidup dan perjuangannya. Mereka memiliki kontribusi untuk kemerdekaan Indonesia.

“Pramuka memiliki hati nurani, jiwa teguh yang lurus, dan memahami sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pramuka yang hebat adalah Pramuka yang bisa menghargai, mewarisi, dan mengikhlaskan jasa para pahlawan bangsa,” tuturnya.

Karena itu, Kak Adhyaksa mengajak anggota Gerakan Pramuka untuk menerapkan tagline Kwarnas Gerakan Pramuka “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita”, seperti dengan menuliskan kisah para pahlawan di media sosial. Sebab, bangsa Indonesia membutuhkan banyak inspirasi dan keteladanan.

“Berkaryalah untuk menjadi pelaku sejarah. Di era internet dan media sosial ini memberikan peluang untuk adik-adik bisa berkarya. Bagi yang suka menulis, menulislah. Bagi yang suka video, buatlah video. Bagi yang suka poster, buatlah poster,” jelasnya.