Balikpapan, InfoPublik – Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan sejak dini hari tidak menggoyahkan langkah tegap anggota Paskibraka Kota Balikpapan  menunaikan tugas mengibarkan Sang Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/8) di Lapangan Merdeka Balikpapan.

Pukul 9.50 wita hujanpun tak reda, semua berjalan seperti biasa para peserta upacara memasuki  lapangan upacara  walaupun hujan tak menunjukkan tanda berhenti.

Pukul 09.59 sirine berbunyi selama 60 detik sebagai tanda upacara peringatan detik-detik proklamasi akan dimulai,  Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Seluruh perhatian peserta upacara dan tamu undangan yang berada di tribun kehormatan tertuju pada 39 putra-putri pilihan yang tergabung dalam Paskibraka Kota Balikpapan Tahun 2017 yang diapit oleh pasukan 45 dari Satuan Rider saat memasuki lapangan upacara.

Akibat air yang menggenang di Lapangan Merdeka menyebabkan kondisi lapangan menjadi becek dan berlumpur sehingga baju anggota Paskibraka yang berwarna putih berubah menjadi coklat.

 Anggota Paskibraka sukses menunaikan tugasnya untuk mengibarkan Sang Merah Putih di tengah guyuran hujan. Tanpa dikomando, para tamu undangan memberikan tepuk tangan yang meriah atas keberhasilan para anggota Paskibraka tersebut mengibarkan Sang Merah Putih.

“Tak sia sia perjuangan kalian berlatih selama 6 bulan,  panas terik dan hujan,  tak sia sia suara lantang para pelatih kalian selama 6 bulan menggembleng, kami tentunya sangat bangga dengan adik-adik Paskibraka ini,” ujar Oemy Facessly selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Balikpapan yang merupakan pembina dari Paskibraka.

"Lega dan terharu kami sukses menyelesaikan tugas ini, namun baju yang basah dan kotor ini harus cepat-cepat kami cuci agar bisa kami pakai kembali untuk upacara penurunan bendera nanti sore," ujar Amelia Gultom anggota Paskibraka pembawa baki bendera merah putih. (MCbalikpapan/met/Kus)