Djarot Mengidolakan Sosok Bung Karno Sebagai Pahlawan Nasional

:


Oleh G. Suranto, Kamis, 17 Agustus 2017 | 14:02 WIB - Redaktur: Juli - 448


Jakarta, InfoPublik – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengagumi sosok Presiden Pertama Indonesia, Soekarno atau yang dikenal Bung Karno, karena sosok Pahlawan nasional tersebut mampu menginspirasi generasi muda dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Hal itu disampaikan Djarot usai menjadi Inspektur Upacara (Irup) HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Lapangan eks IRTI Monas, Jakarta Pusat, Kamis (17/8).

Menurutnya, Bung Karno, hampir dua pertiga dari hidupnya dihabiskan di penjara, dan pembuangan. Beliau berhasil memproklamasikan bangsa Indonesia, sekaligus merumuskan Pancasila sebagai ideologi Negara.

“Kalau pahlawan idola, saya Bung Karno. Bayangkan, dua pertiga dari hidupnya dihabiskan di penjara dan pembuangan. Berhasil memproklamasikan bangsa ini sekalgus mempersembahkan ideologi Pancasila,” katanya.

Ia menambahkan, Bung Karno juga menjadi sosok yang menginspirasi semangat kemerdekaan  bagi negara-negara yang juga mengalami penjajahan melalui Konferensi Asia-Afrika Tahun 1955.

Dirinya menceritakan pengalamannya ketika berkunjung ke Rusia, Saudi Arabia, dan Vietnam. Nama Bung Karno dirasakan seperti magnet bagi petinggi negara tersebut. “Makanya saya sangat bangga ketika ke Rusia, Saudi Arabia, Vietnam, nama Bung Karno betul-betul seperti magnet. Mereka merasakan betul,” ungkapnya.