Kemensos Salurkan Bantuan Program Keluarga Harapan di Kepulauan Meranti

:


Oleh Prov. Riau, Rabu, 16 Agustus 2017 | 12:30 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 480


Selatpanjang, InfoPublik – Kementerian Sosial (Kemensos) meresmikan penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 9.543 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau.

Peresmian dilakukan oleh Kepala Biro Humas Kemensos Adi Wahyono M.Si dan Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si di Kantor Desa Alahair, Selasa (15/8).

Kepala Biro Humas Kemensos berharap bantuan yang diberikan hanya bersifat stimulus bagi keluarga miskin untuk keluar dari jurang kemiskinan dengan berusaha meningkatkan kesejahteraanya.

Pihak Kemensos juga meminta petugas Pendamping PKH untuk selalu melakukan update data keluarga miskin agar bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran dan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan berjalan dengan sukses.

"Saya minta kerja keras dari pendamping PKH untuk selalu memperbarui data agar bantuan yang diberikan tepat sasaran," harap Adi Wahyono.

Pada kesempatan itu, Bupati Irwan mengatakan PKH sangat baik dan sangat dibutuhkan oleh 9.543 rumah tangga miskin atau keluarga penerima manfaat di Kabupaten Kepulauan Meranti dalam mencukupi kebutuhan hidup, pendidikan dan kesehatan keluarganya.

"Ini merupakan program yang sangat baik dan memang ditunggu-tunggu oleh rumah tangga miskin di Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati, Kepulauan Meranti telah berhasil menekan angka kemiskinan yang awalnya mencapai 43 persen di tahun 2010 menjadi 30 persen saat ini.

Meski telah berhasil menekan angka kemiskinan dengan signifikan, namun angka kemiskinan di Kabupaten termuda di Riau ini masih tergolong besar. Untuk itu bantuan sosial Non Tunai Program PKH sangat dibutuhkan dalam rangka menekan dan memutus mata rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan rumah tangga miskin.

Dikatakan Bupati, dalam menekan angka kemiskinan dan membantu masyarakat, Pemda Kepulauan Meranti juga mengalokasikan dana subsidi untuk Listrik melalui program listrik pedesaan yang hingga saat ini telah berhasil mengaliri 63 desa dari 101 desa yang ada.

Selain itu subsidi pengobatan bagi warga kurang mampu yang dirujuk ke Karimun dan Bengkalis melalui program Jamkesda, begitu juga layanan ambulan darat dan laut yang siap mengantarkan masyarakat sakit selama 24 jam, pemberian bantuan sapi ternak dan alat tangkap ikan seperti jaring dan lainnya.

 

 

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan kepada anak-anak berprestasi dari KPM.

Dari keterangan Head Area Bank Mandiri Dumai, Marjeni, sejauh ini Bank Mandiri telah menyalurkan bantuan sosial PKH tahap 1-3 sebesar Rp14,3 miliar kepada 9.543 KPM. Bantuan ini disalurkan melalui 4 tahap dengan nilai bantuan Rp1.89 juta per KPM sepanjang tahun 2017.

"Ini merupakan program yang sangat baik dan memang ditunggu-tunggu oleh rumah tangga miskin di Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu dilakukan penyerahan bantuan sosial KPM PKH secara simbolik kepada 10 orang perwakilan KPM pemegang kartu KKS dan 1 paket sembako dari Kemensos, penyerahan bantuan kepada 10 anak berprestasi dari KPM berupa tas sekolah dan tabungan sebesar Rp250 ribu. (MC Riau/san/elvira)