Wakil Bupati Malaka Kibarkan Bendera Raksasa di Perbatasan

:


Oleh dishubkominfo kab malaka, Rabu, 16 Agustus 2017 | 10:26 WIB - Redaktur: Kusnadi - 482


Malaka, InfoPublik – Wakil Bupati Malaka, Daniel Asa bersama unsur TNI, masyarakat dan para siswa yang berada di Kecamatan Kobalima Timur bersama-sama mengibarkan bendera merah putih berukuran 30x20 meter, yang dipancangkan di mercusuar Metamauk, perbatasan RI-RDTL.

Pengibaran yang dilaksanakan pada Senin (14/8) sebagai satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 yang diselenggarakan Yonif 742 sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Malaka. 

Wakil Bupati Daniel Asa usai kegiatan itu mengatakan, Pemerintah Malaka memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak TNI, khususnya Satgas Pamtas yang sudah menggelar kegiatan seperti yang dilakukan hari Senin lalu itu, di samping kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan masyarakat. 

"Tentunya sebagai Pemerintah kami sangat senang karena masyarakat di perbatasan turut mengambil bagian dalam kegiatan memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan," ungkapnya. 

Lebih lanjut, dirinya mengemukakan pengibaran bendera ini juga sebagai bentuk dan tanggung jawab sebagai anak bangsa, yang menanamkan nilai nasionalisme
di garis perbatasan. Nilai patriotisme dan nasionalisme seperti inilah yang harus tetap terpancang di dada seluruh anak bangsa. 

Sementara itu, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Letkol Inf. Fuad Suparlin mengaku sangat bangga karena rencana untuk mengibarkan bendera raksasa di perbatasan berjalan sesuai rencana tanpa kendala. 

Sebagai pasukan yang bertanggung jawab terhadap pengamanan di garis perbatasan, pihaknya juga bersosialisasi dengan masyarakat lewat beragam kegiatan seperti yang dilakukan hari ini. 

"Tugas kami selain menjaga perbatasan tapi juga bersosialisasi dengan masyarakat untuk melakukan kegiatan positif yang kiranya berdampak positif bagi masyarakat seperti nilai-nilai nasionalisme," ungkapnya. 

Acara pengibaran bendera merah putih diawali dengan prosesi perarakan bendera dari pantai yang digotong puluhan unsur masyarakat, para siswa dan anggota TNI dan Polri. Bendera merah putih dibawa ke mercusuar dan dikibarkan anggota TNI. 

Selain pengibaran bendera, ada juga kegiatan lain seperti lari karung dan acara perlombaan tradisional lainnya. 

Hadir dalam pengibaran bendera itu antara lain, Tim Asnik Pusterad Letkol Inf Widya Prastyo,  Camat Kobalima Timur, Wens Leki, Danramil 1605/Kobalima, Mayor Inf I G M Sweda, Danpos Brimob Ipda Martins Madera. Ada juga para guru dan siswa SD, SMP dan SMK se-Kecamatan Kobalima Timur, guru SM3T, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama. (Herry klau/Mc Malaka/Kus)