Jakarta, InfoPublik - Presiden Joko Widodo mengapresiasi langkah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk bersinergi dengan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP- PIP) dalam memperkuat ideologi pancasila di masyarakat luas. 

"Saya apresiasi langkah MPR yang bersinergi dengan unit yang saya buat dengan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017," ujar Presiden Joko Widodo pada saat Pidato Tahunan MPR di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (16/8). 

Menurut dia, adanya kekompakan dan sinergitas tentunya dapat memaksimalkan tugas konstitusional masing-masing lembaga. Kemudian akan memperkuat tugas kedua lembaga dalam memenuhi amanat rakyat. 

"Lembaga negara bisa lebih baik bila saling mengingatkan kontrol dan saling melengkapi, tidak ada satu kekuasaan yang memiliki kekuasaan absolut. Inilah keunggulan bangsa kita dalam menghadapi masa depan dan tantangan," katanya. 

Presiden melanjutkan, sinergitas yang ditunjukkan merupakan bentuk perwujudan memelihara janji kemerdekaan. Sehingga setiap tantangan yang dihadapi ketika melakukan penyelenggaraan negara dapat diatasi. 

"Saya percaya tugas yang maha berat bisa kita tunaikan kalau kita bekerja sama," pungkasnya.