Kloter 17 Dilepas Bupati Kampar, Di Asrama Haji Batam

:


Oleh MC Kota Batam, Rabu, 16 Agustus 2017 | 09:01 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 415


Batam, InfoPublik-Selasa (15/8), Embarkasi Batam telah memberangkatkan sebanyak 17 Kloter dari 27 Kloter yang akan diberangkatkan dari Batam. Kloter 17 dilepas oleh Bupati Kabupaten Kampar, H. Azis Zaenal, di Asrama Haji Batam.

Dalam sambutanya, Aziz Zaenal mengatakan, tidak ada kata yang paling indah diucapkan selain rasa syukur. "Sebab, Bapak, Ibu, dan Saudara, sudah 'diundang' oleh Allah SWT untuk melaksanakan haji pada tahun. Sementara, sangat banyak masyarakat yang sudah punya kemampuan namun belum 'dipanggil' untuk datang ke Baitullah. Karena, perbanyak bersyukur. Semoga ibadah haji yang dijalankan diberi kelancaran dan sehat pergi dan kembali ke kampung halaman nantinya," ucapnya.

Dalam kesempatan itu dia berpesan, selama melaksanakan ibadah haji, jamaah Kloter 17 buang jauh-jauh sifat sombong dan takabur. "Sifat buruk itu akan membawa dampak yang tidak baik selama berada di Tanah Suci. Perbanyak zikir dan berdoa," ucap Azis.

Lalu, lanjutnya, selama menunaikan di Tanah Suci, kembangkan sikap tolong menolong. "Kita tidak akan bisa lepas dari pertolongan orang. Sebab itu, sifat ini kembangkan selama berada di sana. Kami doakan semoga semua sehat dan diberi kekuatan hingga dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji," paparnya lagi.

Dan yang paling penting, tambah Azis, kedepankan sifat sabar. "Akan banyak cobaan selama di sana. Hanya sabar yang menjadi kunci kelancaran ibadah haji. Jika di kampung dulu sabar kita 100, selama di sana bisa 1000," ujarnya lagi memberi perumpamaan.

"Namun, yakinlah, dengan niat yang baik, fokus pada ibadah, Insha Allah akan ada kemudahan dari Allah SWT. Dan pulang nanti membawa predikat haji mabrur," pungkasnya yang langsung diamini oleh jamaah Kloter 17.

Kloter 17 merupakan gabungan jamaah dari Kampar 439 orang, Bengkayang, Kalbar dua orang, Kota Pontianak satu orang, ditambah lima petugas Kloter dengan total 447 orang.

"Terdapat seorang jamaah yang batal berangkat an Marwan bin Imam Nali, manifest 167 asal Bangkinang karena sakit di daerah asal," ungkap Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, H. Subadi.

Selain itu, dia juga menjelaskan, terdapat juga JCH yang tunda berangkat, a.n Ermawati Fakhrurrozi, manifest 76, karena sakit di Embarkasi, lalu, a.n Muhammad Nasir Harun, manifest 77 pendamping Ermawati. Kemudian, a.n Saripah Diri Indris, manifest 436, sakit di Embarkasi. Lalu, a.n Siti saharah, manifest 435, sakit di Embarkasi, dan a.n Elma Tampung Suhu, manifest 363, sakit di embarkasi.

"Dalam Kloter 17 terdapat jamaah yang mutasi ke Kloter 17 yaitu, a.n Tukimin Lonodirjo dari Kloter 13 asal Bengkayang, a.n Ngadinah Ngadinun dari Kloter 13 asal Bengkayang, dan a.n Siti Zubaidah dari Kloter 16 asal Kota Pontianak," tambahnya.

Diterangkannya juga, dalam Kloter 17, jamaah tertua adalah Warso Semito Paiman (85) asal Tapung, Kampar. "Yang termuda, Anisah Adilah binti Zulhermis (17) asal Bangkinang, Kampa," terang Subadi seraya menambahkan, berdasarkan Qur’ah Maktab Tahun 1438H/ 2017M, selama berada di Makkah, JCH Kloter 16 akan menempati pemondokan di wilayah Syisyah Maktab 65 Sektor 07 No. Rumah 701.

Sampai berita ini diturunkan, jamaah Kloter 17 tengah menaiki pesawat Saudi Arabian Airlines yang take off dari Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 23.20 WIB.

"Dan Insha Allah akan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, pada Rabu (16/8) pukul 04.15 WAS. Dan menurut jadwal, Kloter 17 akan tiba kembali di Tanah Air pada 24 September 2017 pukul 22.20 WIB," ujar Subadi.

Dengan berangkatnya Kloter 17, maka sampai tadi malam, jamaah yang telah diberangkatkan dari Embarkasi Batam sebanyak 7.610 jamaah.(HK)