Walikota Lis Darmansyah Ajak Masyarakat Galakkan Gerakan Hidup Sehat

:


Oleh Humas Kota Tanjung Pinang, Rabu, 16 Agustus 2017 | 05:55 WIB - Redaktur: Tobari - 294


Tanjungpinang, InfoPublik - Pemerintah Kota Tanjungpinang meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan.

Lauching gerakan masyarakat hidup sehat ini secara resmi dilakukan oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, di Posyandu Perum Bukit Raya, Selasa (15/8). Acara ini juga disejalankan dengan berbagai kegiatan seperti Lomba Cuci Tangan Pakai Sabun dan Lomba Balita Sehat.

Dalam arahanya, Walikota Lis Darmansyah menjelaskan bahwa hidup sehat itu sangat mahal, kita tumbuh dan berkembang di dalam dunia yang berbeda dengan dulu, oleh karena itu marilah kita terapkan pola hidup sehat didalam kehidupan kita,” katanya.

Saat ini, kata Walikota, Pemerintah terus berupaya mensosialisasi kesehatan kepada masyarakat agar kesehatan di tengah masyarakat dapat meningkat.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang mempengaruhi kesehatan kita, salah satunya adalah kondisi alam yang kian berubah, misalnya polusi udara yang berpengaruh langsung terhadap kehidupan kita sehari-hari. 

Untuk itulah, sosialisasi kesehatan kepada masyarakat menjadi hal terpenting, supaya masyarakat memahami dan mengetahui sumber awal dari penyebaran penyakit, khususnya melalui tangan.

Begitu pula terhadap menjaga lingkungan sekitar. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengkomsumsi sayur-sayuran. Karena itu, pemerintah selalu mengimbau kepada masyarakat untuk menanam sayuran di perkarangan rumahnya guna menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan acara yang kami selenggarakan ini adalah bagian dari kegiatan puskesmas keliling, yang dikemas didalamya ada kegiatan lomba cuci tangan.

Kegiatan ini merupakan modifikasi kami dengan ada peraturan Presiden dan perintah Gubernur Kepri tentang gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Program Germas in kita lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendataan keluarga sehat oleh tim pendataan Puskesmas. Ini kita lakukan agar kesehatan masyarakat dapat meningkat. 

Kegiatan yang diadakan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang bersama masyarakat ini, turut dihadiri oleh Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd, jajaran Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD serta Camat dan Lurah.(key/man/toeb)