Desa Karangtejo Miliki Potensi Besar Home Industry Makanan

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Rabu, 16 Agustus 2017 | 15:47 WIB - Redaktur: Tobari - 834


Temanggung, InfoPublik – Mendengar ”onde-onde ketawa” tentu timbul pertanyaan dibenak kita, tetapi itulah yang terucap dari Herawati, warga dusun Kuncen Desa Karangtejo Kecamatan Jumo ketika ditanya saat menggelar “Mini Bazar” di dusun Lempong.

Herwati adalah sang pembuat onde-onde kecil yang memiliki bentuk yang khas, yaitu “mlethek” sehingga disebutnya ketawa. Hal itu terungkap ketika Desa Karangtejo diresmikan sebagai Kampung KB di wilayah Kecamatan Jumo, Senin (14/8).

Ditetapkannya Karangtejo sebagai Kampung KB ternyata membuat semangat ibu-ibu PKK menggelar “mini bazar” di bawah tenda yang sudah dipersiapkan. Setiap PKK RT memamerkan hasil karyanya, terutama jenis makanan ringan dan minuman.

“Ini benar-benar berbahan baku alami dari ketela umbi ungu tanpa pewarna maupun zat pengawet, papar Marsinah (40), pembuat kue bolu ungu dari umbi jalar. Ia juga tengah mencoba membuat home industry Jahe Instan yang diberi label Rimpang Sari dan sudah didaftarkan nomor IRTnya.

Banyak potensi industri makanan yang ternyata bisa diproduksi warga Karangtejo. Di antaranya ceriping talas, onde-onde ketawa, antari, ketoprak, bakpia mini, dan sebagainya.

Mereka yang terampil membuat aneka jenis makanan dari hasil pertanian itu menyatakan siap membuat aneka snak untuk dipasarkan.Tetapi kami masih kesulitan memasarkannya jika kami memproduksi dalam jumlah banyak, belum punya link penjualannya”, kata Marsinah.

Ia mengatakan selama ini membuat berbagai jenis makanan hanya untuk kalangan terbatas di desanya sendiri, atau jika ada yang memesan untuk jamuan rapat. (MC Temanggung/Agung/Ekape/toeb)