Wabub Apresiasi Pelaksanaan MTQ Nagari Lawang

:


Oleh MC Kab Agam, Selasa, 15 Agustus 2017 | 14:08 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Agam, InfoPublik – Warga masyarakat Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Nagari dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, ST. MT, dalam suatu acara resmi  Sabtu (12/8), diawali dengan pawai ta'aruf diikuti hampir 800 orang dari enam jorong di nagari Lawang.

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, dalam sambutannya mengatakan bahwa yang dimuliakan  Allah adalah para hafis dan penghafal qur'an.  Acara penting ini perlu dihadiri dan dimeriahkan bersama.

Apresiasi yang luar biasa ini sangat mendukung program strategis dalam menggerakkan Agam Madani, dimana Nagari Lawang masuk dalam agenda Agam madani.

MTQ tingkat nagari mengangkat para generasi muda untuk akrab dengan alquran. Maksimalkan efek dan dampak orang minang melalui membaca dan hafal alquran.

Melalui perlombaan selain membaca dan hafal alquran adalah memupuk jiwa karakter generasi muda.

Dengan perlombaan adalah momen menggali mutiara terpendam yang ada di pelosok jorong dan nagari. Dimana melalui MTQ akan muncul bibit mutiara pembaca dan hafal alquran yang baik, selanjutnya dapat dikembangkan. 

Wali Nagari Lawang J. Dt. Lelo Ameh, dalam sambutannya mendukung penuh pelaksanaan MTQ pertama kali dilaksanakan antar jorong di Nagari Lawang sebagai wadah pemilihan qori dan qori'ah MTQ yang akan turut hadir mengikuti MTQ tingkat kabupaten dan provinsi.  

MTQ nagari dilaksanakan setiap tahun melalui MDA secara bergilir, namun saat ini atas usulan masyarakat dilaksankan secara bernagari dalam rangka menggali potensi minat dan bakat menuju generasi yang qur'an yang unggul cerdas dan berakhlaqul karimah.

Laporan panitia pelaksana Savenday menyebutkan bahwa peserta MTQ yang berasal dari  enam  jorong dengan jumlah peserta 125 orang mengikuti 8 cabang dan 16 golongan lomba dengan dewan juri dari kabupaten. Selesai pembukaan MTQ  Nagari Lawang pertama dilanjutkan dengan lomba  serta ditutup dengan malam gembira dan penyerahan hadiah.(MC Agam/Kus)