Menkes Harap Dedikasi Nakes Mampu Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

:


Oleh Putri, Senin, 14 Agustus 2017 | 17:16 WIB - Redaktur: Juli - 312


Jakarta, InfoPublik - Berkat prestasi dan dedikasinya dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat sebanyak 258 tenaga kesehatan (Nakes) mendapatkan penghargaan dari Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek.

Menkes Nila berharap dari pemberian penghargaan tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia. “Saya bangga dan amat berbahagia dapat bertatap muka dengan saudara sekalian. Saya juga mengucapkan selamat kepada Saudara atas terpilihnya sebagai Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Nasional tahun 2017,” kata Menkes pada acara Pemberian Penghargaan Nakes Teladan, Senin (14/8) di Jakarta.

Nakes yang hadir pada kesempatan tersebut berasal dari Provinsi Aceh di ujung barat Indonesia hingga Provinsi Papua di ujung timur. Terdiri atas kelompok tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga bidan, tenaga gizi, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga kefarmasian, dan ahli teknologi laboratorium medik. 

Menkes mengaku bangga dan bersyukur bahwa Indonesia mempunyai Nakes yang penuh dedikasi. Penghargaan yang diberikan kepada Nakes teladan, tambah Menkes, mencerminkan rasa terima kasih dan penghargaan dari Pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan.

“Saya mengapresiasi Tenaga Kesehatan Teladan yang hadir di sini sebagai wakil tenaga kesehatan di Puskesmas yang telah memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat dengan hati nurani, tulus ikhlas, dan penuh rasa tanggung jawab,” tambah Menkes.

Selain itu, Indonesia yang berbentuk kepulauan yang sangat luas dengan daerah terpencil, perbatasan, kepulauan terluar, dan daerah geografi yang sulit menjadi tantangan tersendiri. Ditambah lagi tingginya angka kematian ibu dan bayi, prevalensi gizi kurang dan stunting, beberapa jenis penyakit menular dan penyakit tidak menular. 

Karena itu, ungkap Menkes, pada kesempatan ini menjadi sebuah momentum yang tepat untuk menyampaikan kepada Nakes teladan di Puskesmas, agar bangkit dan mulai meninggalkan cara menjaga kesehatan yang bersifat kuratif menuju semangat preventif dan promotif. Sehingga kesadaran masyarakat untuk menjaga diri, menjaga keluarga, dan menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit bisa meningkat.

Pendekatan Keluarga

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pendekatan keluarga merupakan salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.

“Dengan pendekatan ini, Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung saja, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya dan mengintegrasikan UKP & UKM secara berkesinambungan,” ujar Menkes.