Minta JCH Jaga Kesehatan Untuk Melaksanakan Ibadah

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Senin, 14 Agustus 2017 | 16:48 WIB - Redaktur: Tobari - 346


Sumenep, InfoPublik -  Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap para jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Sumenep untuk menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekah.

Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, JCH Sumenep harus selalu menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji, karena kondisi cuaca Indonesia dengan di Mekah sangat berbeda.

Apabila kondisi kesehatan calon haji prima, tentu saja memudahkan jemaah haji untuk melaksanakan tahapan ibadah haji, seperti Jumroh dan Wukuf.

"Fisik jemaah haji yang menentukan untuk melaksanakan serangkaian kegiatan ibadah haji. Saya berharap jemaah calon haji Sumenep makan dan minum dengan teratur untuk menjaga kesehatannya tetap prima,” kata Bupati seusai manasik akbar dan pelepasan secara simbolis jemaah calon haji Kabupaten Sumenep tahun 1438 Hijriyah/2017 Masehi di Gedung Korpri, Senin (14/8).

Bupati menyatakan, jemaah calon haji harus menjaga nama baik bangsa dan negara, jangan sampai melakukan tindakan dan pebuatan yang berdampak hukum selama menunaikan ibadah haji.

Jemaah calon haji juga harus kompak dengan jemaah haji lainya, itu dilakukan supaya dalam melaksanakan ibadah haji dengan khusuk dan tidak merugikan diri sendiri.

“Tolong jaga kekompakan untuk menjaga nama baik Sumenep, bangsa dan negara, jauhi tindakan dan perbuatan yang bisa meggangu ibadah haji, apalagi sampai melanggar hukum,”tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep  H. Moh. Bakri mengungkapkan, jemaah calon haji Kabupaten Sumenep tahun ini sebanyak 519 yang tergabung dalam Kelompok Terbang (kloter) 58 dan 59.

“Jadwal pemberangkatan jemaah calon haji Kabupaten Sumenep pada Rabu (16/8) pukul 01.00 WIB dini hari dari GOR A. Yani Pangligur Sumenep. Karena itu, diharapkan jemaah calon haji pada pukul 00.00 WIB (12 malam) sudah masuk lokasi pemberangkatan,” kata H. Moh. Bakri. ( Yasik/Esha/Fer/toeb)