Gala Desa, Budayakan Masyarakat Gorontalo Berolahraga

:


Oleh MC Prov Gorontalo, Senin, 14 Agustus 2017 | 08:59 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 342


Gorontalo, InfoPublik – Kick off program Gala Desa tingkat Kota Gorontalo berlangsung di Stadion Merdeka Kota Gorontalo, Minggu (13/4).

Pembukaan Gala Desa yang merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga ini, ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Wakil Gubernur Gorontalo, H. Idris Rahim, bersama Deputi Pemberdayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, dan Walikota Gorontalo, Marten Taha.

“Gala Desa bertujuan untuk mengembangkan dan membangkitkan masyarakat untuk lebih aktif lagi berolahraga,” kata Wagub Idris Rahim pada sambutannya, Minggu (13/4).

Idris mengemukakan, olahraga harus menjadi budaya masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, olahraga mampu melahirkan olah pikir, olah hati, dan olah rasa, sehingga olahraga tidak hanya dapat menjaga kebugaran fisik, tetapi sekaligus menumbuhkan semangat kekeluargaan, kebersamaan, serta persatuan dan kesatuan.

“Orang yang rajin berolahraga, pikirannya pasti sehat dan positif,” ujarnya.

Masih kata Idris, melalui program Gala Desa juga diharapkan bisa menjaring atlet-atlet muda potensial yang selanjutnya akan dibina untuk olahraga prestasi.

“Dengan kegiatan olahraga yang berjenjang dari desa atau kelurahan, hingga ke tingkat provinsi, kita akan peroleh atlet potensial yang kelak diharapkan bisa mengharumkan nama Gorontalo di kancah nasional dan internasional,” terang Wagub.

Hal senada diungkapkan pula oleh Deputi Pemberdayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, yang mengatakan bahwa bibit unggul atlit di Indonesia sesungguhnya banyak yang berada di desa. Sehingga itu salah satu tujuan penyelenggaraan Gala Desa adalah menjaring atlet-atlet potensial.

“Dengan adanya Gala Desa kita harapkan muncul bibit-bibit unggul. Gala Desa juga digelar untuk menggerakkan masyarakat untuk berolahraga. Gerakan Ayo Olahraga harus meluas sampai ke desa,” tandas Raden. (mcprovgorontalo/humas/haris/Elvira)