Pemkab Sumenep Mendukung Program BI Jangkau 2017

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Jumat, 11 Agustus 2017 | 07:29 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 359


Sumenep, Infopublik -  Pemerintah Kabupaten Sumenep mengapresiasi program Bank Indonesia (BI) Jangkau 2017 sekaligus program mendirikan kas titipan BI oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur.

Bupati Sumenep A Busyro Karim mengatakan, pihaknya sangat mendukung suksesnya program itu, karena secara geografis Sumenep memiliki 126 pulau, yakni sembilan kecamatan pulau dan daerah-daerah terluar, yang begitu jauh dari daratan Sumenep.

Pihaknya berharap program itu juga mampu menjangkau pulau-pulau terluar, seperti di Pulau Karamian, Kecamatan Masalembu, Sapeken maupun pulau kecil lainnya.

“Saya berharap masyarakat memanfaatkan momentum ini untuk menukar uang sebanyak-banyaknya. Pastikan bahwa uang yang bapak ibu miliki masih bagus dan tidak rusak, sehingga tetap layak dijadikan sebagai sarana pembayaran,” kata bupati pada acara pembukaan BI Jangkau 2017 bertempat di Kecamatan Talango, Kamis (10/08).

Bupati menyatakan, rencana dibukanya Kas Titipan BI di Sumenep sudah tepat. Alasannya, akhir-akhir ini, kondisi perekonomian Kabupaten Sumenep semakin membaik. Misalnya saja, pendapatan per-kapita penduduk Sumenep dari tahun 2015 dan 2016 mengalami kenaikan.

“Pada tahun 2015, pendapatan per-kapita masyarakat Sumenep sebesar Rp 25,33 juta, sedangkan tahun 2016 meningkat menjadi Rp 26,90 juta. Peningkatan pendapatan per-kapita masyarakat tersebut merupakan indikasi peningkatan ekonomi masyarakat,” tegas Bupati.

Bupati mengungkapkan, begitu juga dengan inflasi Kabupaten Sumenep dalam dua tahun, cukup stabil dikisaran 2,60 persen, dan 2,19 persen, sehingga tidak mengakibatkan terjadinya kenaikan harga barang yang cukup signifikan.

“Kondisi riil tersebut, harus seimbang dengan penyediaan sarana infrastruktur ekonomi yang memadai, seperti layanan perbankan. Karena itu, pemerintah daerah sangat mendukung dan mempermudah perizinan, manakala ada bank BUMN berniat untuk memperluas bisnisnya ke daerah kepulauan,” pungkas bupati dua periodoe ini. (Yasik/Esha/Fer)