Tugu Belido Bermotif Songket Palembang

:


Oleh MC Kota Palembang, Kamis, 10 Agustus 2017 | 09:47 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Palembang, InfoPulik - Fondasi Tugu Belido di Benteng Kuto Besak dipasangi ornamen bermotif songket Palembang, dan dipilihnya ornamen songket tersebut dimaksudkan untuk menampilkan kekhasan Kota Palembang. Songket adalah salah satu kerajinan asli daerah ini.

“Secara umum, pembangunan sudah mencapai 95%, tinggal finishing, mengecat dan mengukir fondasi,” ujar Project Manager Pembangunan Tugu Belido Stephanus Alvin, di Palembang, Rabu (9/8).

Ia juga mengatakan, sebelumnya, Tugu Belido seharusnya berdiri dengan ketinggian 9 meter. Namun, karena ada perubahan dari Pemkot Palembang akhirnya tinggi tugu mencapai 5 meter dengan panjang 12 meter. “Sekarang kita masih mengerjakan motif fondasi dan melapisi ikan dengan perak,” katanya.

Soal kekuatan fondasi, Alvin mengatakan tugu ditopang 12 tiang dari sebelumnya hanya empat. Tapi, setelah itu ada perubahan sesuai kajian bersama tim Unsri untuk menambah lebih banyak fondasi agar lebih kuat. Karena tubuh ikan belido ini dari bahan dasar baja yang berat.

Sementara itu, untuk semburan air dari pompa mencapai 50 meter, tetapi dari mulut sampai ke sungai hanya 20 meter. “Hitungannya jadi 50 meter dari sirkulasi menarik air dari Sungai Musi dan menyemburkan kembali,” ujar Alvin.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan Tugu Belido terus dikebut. Rencananya ikon baru wisata di Kota Palembang ini, akan dilaunching pada 13 Agustus mendatang.

Sebelumnya, pembangunan sempat terkendala karena adanya pergeseran lokasi pembangunan. Ada perubahan lokasi, karena lokasi awal itu disebut masuk cagar budaya.

“Karena ada perubahan, jadi kita sempat terhenti pengerjaannya dua bulan. Karena, untuk pindah lokasi itu butuh waktu untuk mengecek kondisi tanah. Tapi, sekarang sudah tidak ada kendala lagi,” jelas Alvin.

Alvin menambahkan, karena pembangunan tugu ini dari dana corporate social responsibility (CSR) PTBA sebesar Rp3,3 miliar, maka nanti di tugu juga akan dibuat lambang PTBA.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan bahwa keberadaan tugu belido ini diharapkan akan menjadi ikon baru wisata untuk Kota Palembang.

“Ikon baru ini kami pastikan akan sangat luar biasa. Seperti Merlion Park yang ada di Singapura, kalau di Palembang menggunakan ikan belido, yang jadi khas kota kita,” ujar Harnojoyo. (MC Palembang/Ria Amelia/Hidayatullah/toeb)