Walikota Buka Lomba Cerdas Cermat Ekonomi dan Bank Sentral

:


Oleh Humas Kota Tanjung Pinang, Kamis, 10 Agustus 2017 | 04:38 WIB - Redaktur: Tobari - 570


Tanjungpinang, InfoPublik - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, bersama Batam TV, menggelar Lomba Cerdas Cermat tingkat SMA/SMK/MA Swasta dan Negeri se Provinsi Kepri.

Acara yang berlangsung di TCC Mall Tanjungpinang ini secara resmi dibuka oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, Rabu (8/8).

Pada lomba tersebut peserta dibagi dalam 4 wilayah, yaitu Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun dan Kota Batam. Peserta yang masuk babak final akan berkompetisi kembali di Kepri Mall Batam Center pada 17 Agustus mendatang.

Walikota Lis Darmansyah mengatakan ekonomi adalah sesuatu isu yang paling sensual, ekonomi salah satu indikator dari keberhasilan dalam pembangunan. Ekonomi juga menjadi objek yang dapat menumbuhkan kemajuan suatu bangsa.

Karena itu, penting bagi Bank Indonesia memberi pengetahuan kepada generasi kita, khususnya dalam bidang ekonomi dan bank central melalui acara cerdas cermat ini.

Dengan terlaksananya cerdas cermat ini,, Walikota memberi apresiasi kepada Bank Indonesia. Acara cerdas cermat ini dapat membuka wawasan kita, pemikiran kita, pengetahuan kita, bahkan pemahaman kita, dalam bidang ekonomi, terutama bagi pelajar di tingkat SLTA. 

Dikatakan Walikota, kemajuan sebuah bangsa itu terukur dari peningkatan ekonomi dalam suatu daerah. Lomba cerdas cermat ini merupakan momentum penting untuk kita agar mencintai hal-hal yang terkait di bidang ekonomi. 

"Bank Indonesia mampu untuk memberikan motivasi kepada siswa dan siswi SMA untuk menekuni, membidangi dan memahami tentang ekonomi dalam prinsip-prinsip ekonomi tentang kebank-centralan," ujarnya.

Walikota berharap, mudah-mudahan kompetisi cerdas cermat ini dapat mendorong generasi kita agar menjadi generasi-generasi penerus di bidang ekonomi kedepannya," ungkapnya.

Cerdas cermat ini akan membahas materi mengenai pelajaran ekonomi dan keuangan secara umum. Para pelajar akan menjawab soal-soal yang diajukan oleh tim Bank Indonesia.

Pada perlombaan ini masing-masing regu terdiri dari 10 orang. Mereka akan bertanding terdiri dari 2 babak, babak pertama yaitu penyisihan di masing-masing daerah, dan kedua babak final yang akan diadakan di Kota Batam. 

Bagi peserta dari masing-masing daerah yang meraih Juara 1 disetiap daerah berhak mengikuti babak final di Kota Batam. Dalam lomba tersebut para peserta dilarang menggunakan alat bantuan menghitung seperti handphone, kalkulator, dan sejenisnya yang melanggar peraturan lomba.(key/toeb)