Pemkab Sumenep Dukung Parade Dan Pameran Keris Kamarikan

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Rabu, 9 Agustus 2017 | 07:59 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 305


Sumenep, InfoPublik -  Potensi pengrajin keris, khususnya di Kabupaten Sumenep sangat signifikan. Bahkan, hasil kreasi karya keris dari Sumenep ini sudah banyak diminati, tidak hanya di dalam negeri, namun sudah meluas hingga ke manca negara. Apalagi Sumenep merupakan Kota Keris yang memiliki pengrajin keris terbanyak di dunia.

Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Drs. Carto, MM, pada pembukaan Parade dan Pameran Keris Kamarikan Direktorat Jenderal Kebudayaan (Kemendikbud) di Gedung Nasional Indonesia (GNI), Selasa (08/08).

Menurutnya, potensi yang dimiliki Kabupaten Sumenep perlu terus dilestarikan, sehingga Sumenep makin dikenal dengan potensi kerisnya.

“Karena itu, kami sangat mendukung dengan adanya kegiatan seperti parade dan pameran keris seperti yang dilaksanakan saat ini,”ungkapnya.

Diakui Carto, salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumenep agar para pengrajin keris semakin kreatif, dengan mendorong paguyuban pengrajin keris yang ada di sejumlah wilayahnya untuk terus menghasilkan karya-karya terbaiknya. Artinya, mereka bisa saling berkompetisi secara sehat, dengan menghasilkan karya-karya terbaiknya.

Namun, mereka tetap saling mendukung, menghargai dan saling bantu untuk mengembangkan usahanya di bidang keris. Bukan malah sebaliknya dengan menjadi penggunting dari kreasi orang lain.

“Justru dengan bersatu, memiliki rasa peduli dan saling rangkul dalam sebuah paguyuban, bisa semakin memantapkan perjuangan bersama,”tambahnya.

Sementara itu, kegiatan yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep dan Paguyuban Pengrajin Keris di Sumenep ini akan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 10 Agustus 2017. ( Ren/Esha/Fer/Eyv )