Kadis ESDM Riau Tinjau PLTU Dan PLTS Di Inhil

:


Oleh Prov. Riau, Senin, 7 Agustus 2017 | 13:38 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 758


Pekanbaru, InfoPublik - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau Syahrial Abdi tinjau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2X7 Megawat (MW) di Parit 22 Tembilahan, Indragiri Hilir. 

Selain itu, mantan Penjabat (Pj) Bupati Kampar ini juga menyempatkan meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Destinasi Wisata Pantai Solop, Pulau Cawan, Kecamatan Mandah termasuk juga meninjau Solar Home System (SHS), Tanjung Pidada.

Khusus untuk peninjauan PLTU 2X7 MW, menurut Syahrial selain untuk memastikan terwujudnya program Riau Terang, juga untuk memastikan program pembangunan pembangkit yang letak lokasinya tak jauh dari pelabuhan kapal, dalam status on going. 

Pasalnya di lokasi. PLTU ini dulu sempat ada persoalan terutama soal lahan. Namun melalui kunjungan tersebut, Syahrial yang juga mantan Kepala Biro Ekonomi ini memastikan semuanya tak ada persoalan lagi.

"Dulu lahannya memang ada masalah. Sekarang semuanya dipastikan sudah on going," jelas Syahrial.

Untuk peresmian pengoperasiannya sendiri, Syahrial belum bisa memastikan. Karena sepenuhnya kewenangan dari PLN. Meski begitu, jika pembangkit PLTU 2X7 MW tersebut sudah berjalan, maka dipastikan pemadaman listrik yang masih terjadi di negeri seribu parit itu sudah bisa teratasi.

"Jelas karena 2X7 sudah terpenuhi. Ditambah lagi dengan adanya gardu induk di Tembilahan," ujar Syahrial.

Ada pun terkait PLTS di Pantai Solop dan SHS di Tanjung Pidada, merupakan bagian dari rencana kesiapan launching Riau terang yang sedianya akan diresmikan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pada Hari Ulang Tahun (HUT) Pemprov Riau ke 60 pada 9 Agustus mendatang.

Launching Riau terang sendiri terdiri dari 17 listrik pedesaan yang ada di enam kabupaten. Kemudian dua listrik lagi berada di kawasan destinasi wisata, yakni Candi Muara Takus, Kampar serta Pantai Solop di Pulau Cawan, Indragiri Hilir.(MC Riau/mtr/eyv)