Jaringan Transmisi Tenayan Raya-Perawang Bisa Segera Dilanjutkan

:


Oleh Prov. Riau, Senin, 7 Agustus 2017 | 13:34 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 628


Pekanbaru, InfoPublik - Pengerjaan jaringan transmisi 150 KV Tenayan Raya-Perawang dan pemasangan kabel stringing di atas tower Right of Way (ROW) 58 - 59, akhirnya bisa segera dilanjutkan kembali setelah Pandiangan, warga pemilik lahan di Kecamatan Tualang, Siak, menerima kompensasi yang diberikan pihak PLN.

Camat Tualang, Zalik Effendi melakukan mediasi antara Pandiangan dan keluarga dengan pihak PLN di Kantor Camat Tualang, Siak, Jumat, (4/8). 

Hadir juga Kapolsek Tualang, Kompol James Raja Gukguk dan Danramil Perawang Kapten Bukti Sitepu beserta pihak PLN dan pengembang. 

 "Alhamdulillah, permasalahan itu sudah selesai. Penyelesaiannya juga tertuang dalam berita acara yang ditandatangani Pandiangan dan keluarganya bersama pihak yang hadir," kata Zalik. 

Awalnya Pandiangan dan keluarganya belum bersedia menerima kompensasi karena cemas tower tegangan tinggi tersebut dapat berdampak buruk. Selain itu, Pandiangan merasa pihak PLN dan pengembang tidak melakukan sosialisasi kepada keluarganya.

"Jadi bukan hanya karena nilai kompensasi yang ditawarkan. Mereka khawatir jika menara yang akan dibangun akan berdampak terhadap keselamatan dan keamaman keluarganya," ungkapnya.

Setelah diberikan pemahaman kepada Pandiangan, kata Zalik, akhirnya mereka menerima keputusan agar pengerjaan jalur tranmisi itu segera dilaksanakan. Selain itu, permintaan Pandiangan agar pihak PLN menambah biaya kompensasi juga dikabulkan. Sehingga, proyek PLN itu tidak ada lagi hambatan. 

"Ada tiga rumah di sana. Awalnya ketiganya sudah diberi kompensasi. Ternyata Pak Pandiangan ini minta ditambah, sehingga permintaan itu dikabulkan," kata dia. 

Sebelumnya Manajer Unit Pelaksana Kontruksi Jaringan Sumatera (UPKJS) II PT PLN (Persero) Rachmat Basuki mengatakan pihaknya sudah berupaya melakukan tindakan persuasif dengan melibatkan para tokoh masyarakat, perangkat desa, pihak kecamatan dan kepolisian sektor setempat. 

"Kami senang, unsur pimpinan kecamatan tadi bisa membantu meyakinkan pemilik lahan untuk menerima kompensasi," ujarnya.

Karena pemilik lahan lainnya sudah bersedia menerima kompensasi karena di atas lahannya yang melintas kabel tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV. 

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Camat Tualang dan Pandiangan beserta keluarga. Kemudian, pihaknya juga terus membangun komunikasi dengan pihak kecamatan dan kepenghuluan. Sebab, kegiatan penyelesaian transmisi Tenayan-Tualang ini demi kepentingan umum. 

"Dengan selesainya persoalan, otomatis kami akan lanjutkan penyelesaiannya. Mudah-mudahan tidak ada lagi permasalahan kedepannya. Kami juga butuh dukungan warga dan pemerintahan setempat, agar pekerjaan ini dapat selesai dengan baik," tandasnya.(MC Riau/rat/eyv)