Masyarakat Koto Besar Bakal Miliki Pasar Semi Modern

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Senin, 7 Agustus 2017 | 10:03 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Dharmasraya, InfoPublik, Impian masyarakat Nagari Abai Siat Kecamatan Koto Besar untuk memiliki sebuah pasar yang refresentatif berupa pasar semi modern bakal segera terwujud dalam tahun ini. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan,Jumat (4/8).

Turut hadir pada saat itu, staf ahli Bupati bidang hukum dan organisasi, Masheri Yanda Boy, SH, MH, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Kumperdag) Kabupaten Dharmasraya, Drs. Zubrizal, M.Pd, Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Akhrial, S.Pd, Camat Koto Besar, Yusrizal, SKM dan beberapa tokoh masyarakat Nagari Abai Siat Kecamatan Koto Besar.

Dalam sambutannya,  Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Abai Siat yang telah menyediakan lahan untuk pembangunan pasar rakyat semi modern. Ia menambahkan, pembangunan pasar rakyat Tipe C ini merupakan bangunan prototype yang telah ditentukan oleh Kementerian Perdagangan RI. Pasar yang dilengkapi dengan beberapa los dan kios itu,  dapat menampung 233 pedagang mencakup 45 pedagang Kios dan 198 pedagangSumber pembiayaannya berasal dari dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan RI Tahun 2017 sebesar 6 miliyar rupiah.

Sutan Riska berharap, agar Pemuka Adat dapat  mengawasi secara bersama-sama pelaksanaan pembangunan pasar Abai Siat sehingga hasilnya maksimal.

Pada sesi lain, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Dharmasraya, Drs. Zubrizal, M.Pd, menuturkan, pasar yang akan dibangun di Nagari Abai Siat ini merupakan pasar rakyat dengan gaya modern pertama di Kabupaten Dharmasraya.

Pasar tersebut akan dibangun di atas tanah seluas 3000 meter persegi. Biaya pembangunannya memang relatif besar, yaitu 6 Miliyar rupiah karena meliputi berbagai item pekerjaan, antara lain pembangunan kios dan los, kantor pasar, sarana MCK, fasilitas air bersih dan listrik. Dengan demikian, pasar Abai Siat akan menjadi pasar rakyat semi modern percontohan di kabupaten Dharmasraya

Menurut Zubrizal, sebelum peresmian pasar Abai Siat, Bupati juga sudah meresmikan Pasar Rakyat Tipe D di Kenagarian Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya minggu lalu (27/7).

Bangunan pasar Ampalu ini dapat menampung 145 Pedagang yang terdiri dari 13 Pedagang Kios dan 132 Pedagang lainnya. Pembangunan pasar ini diharapkan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Ditambahkannya, pasar Trimulya Kecamatan Timpeh dan pasar Sopan Jaya Kecamatan Tiumang juga akan segera dibangun pada tahun ini. Semua biaya pembangunannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan RI Tahun 2017.

Zubrizal menargetkan, pada 2018 nanti, Dharmasraya akan memiliki sebuah pasar tipe A sebagai pusat perdagangan di tingkat kabupaten. Selain itu, juga akan dibangun pasar rakyat tipe D untuk setiap kecamatan.

“Target kita,tahun depan semua kecamatan memiliki sebuah pasar rakyat yang refresentatif, Kalau semua kecamatan sudah punya pasar, lalu akan kita bangun pasar tipe A atau B, sebagai pasar tingkat kabupaten, kata Zubrizal optimis.(McDharmasraya/Eyv)