Tingkatkan Produktivitas Kebun Karet Rakyat, Disbun Kaltim Bagikan Bibit

:


Oleh MC Kalimantan Timur, Jumat, 4 Agustus 2017 | 08:52 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 350


Samarinda, InfoPublik - Untuk membantu petani karet melakukan peremajaan kebunnya, Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) secara bertahap membagikan bibit karet di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Bantuan yang diberikan berupa 55 ribu bibit karet, 15 ribu kilogram pupuk NPK dan 100 liter fungisida akan disalurkan kepada tiga kelompok tani di Kecamatan Marangkayu seluas 100 hektar,” kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad, Jumat (4/8).

Dikatakan Ujang, dengan peremajaan kebun diharapakan dapat meningkatkan produktivitas tanaman sehingga memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan petani di masa yang akan datang.

Kegiatan peremajaan karet seluas 100 hektar ini mendapat dukungan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang bersumber dari Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian.

Ditambahkan Ujang, kegiatan peremajaan kebun karet rakyat di wilayah kabupaten ini disebut akan terus digalakkan karena akhir-akhir ini banyak kebun berisi tanaman yang sudah berusia tua sehingga kurang produktif.

"Kami berupaya mendata kebunnya yang sudah tidak produktif, sehingga dapat dimasukkan dalam program pembinaan untuk peremajaan kebun dengan bantuan Pemerintah Provinsi Kaltim maupun Kementerian Pertanian", ujarnya.

Selain itu, untuk melakukan peremajaan kebun karet rakyat, pihaknya juga berupaya memberikan pembekalan kepada petani mengenai cara mengoptimalkan hasil kebun karet serta menghindari serangan hama atau tanaman pengganggu. (diskominfo kaltim/rey/arf/Elvira)