P3E Kementerian LHK Bangga Bone Bolango Raih Adipura

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Jumat, 4 Agustus 2017 | 06:27 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 403


Bone Bolango, InfoPublik - Keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango meraih Piala Adipura tahun 2017 ini menuai banyak pujian.

Salah satunya datang dari Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Wilayah Sulawesi dan Maluku Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Darhamsyah.

Saat diwawancarai di kantor Kementerian LHK, Rabu (2/8) pagi, Darhamsyah memberikan apresiasi kepada Pemda Bone Bolango dan Bupati Hamim Pou atas prestasi yang sudah dicapai. 

Menurutnya, keberhasilan Bone Bolango meraih Piala Adipura ini karena sosok leadership yang kuat dari pimpinan daerah serta didukung masyarakat. "Kami dari Ekoregion turut bangga atas prestasi ini," ungkapnya.

Darhamsyah berharap keberhasilan ini bisa terus dilanjutkan. Semua potensi yang ada di daerah harus terus disatukan untuk bisa menjaga dan meningkatan apa yang sudah dicapai.

“Apa yang dihasilkan ini adalah kerja kolektif di bawah kepemimpinan pak Bupati. Mari kita dukung terus pak Bupati yang telah berhasil mengantarkan Bone Bolango meraih Piala Adipura," ujarnya.

Terkait keberhasilan Bone Bolango meraih Piala Adipura di tengah minimnya fasilitas? Menurutnya fasilitas bukan jaminan. Banyak kota yang punya fasilitas lengkap tapi tidak berguna. Sehinggahnya paling utama adalah inspirator yang kuat dari pemimpinnya.

"Inspirator inilah yang dimiliki pak Bupati, sehingga dengan keterbatasan yang ada, mampu menggerakan semua komponen untuk mencapai kesuksesan," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Hamim Pou berjanji akan terus berupaya meningkatkan kebijakan dan program dalam bidang lingkungan. Bupati Hamim juga berupaya akan menambah armada penunjang kebersihan lingkungan.

"Sedangkan seadanya saja kita dapat Adipura, apalagi kalau sudah ada tambahan fasilitasnya," tegas Hamim sembari menyampaikan bahwa ke depan akan ada program pembangunan tempat sampah atau drum sampah mini di sepanjang jalan dari Kelurahan Pauwo Kecamatan Kabila sampai Desa Boludawa Kecamatan Suwawa.

"Paling penting adalah peran serta masyarakat untuk terus terlibat dalam menjaga lingkungan," paparnya.

Hal senada disampaikan Wabup Mohamad Kilat Wartabone yang juga bersyukur karena sudah meraih Piala Adipura yang sudah lama diidam-idamkan pemda dan masyarakat Bone Bolango. Tentunya ini menjadi satu kebanggan bagi masyarakat Bone Bolango.

Namun demikian, untuk menjaga dan mempertahankan piala Adipura, maka semua masyarakat bersama-sama berkewajiban menjaga lingkungan dan kebersihan. Wabup juga akan memerintahkan kepada kepala desa untuk menggiatkan masyarakat mengelola lingkungan sekitarnya. Nanti akan dibuat kontrak kinerja dengan kepala desa. 

Kalau lingkungannya tidak baik atau kegiatannya untuk kebersihan lingkungan tidak berjalan, maka kepala desa bisa diberikan sanksi. "Insya Allah ke depan ini semua bisa bergerak mengambil bagian dalam menjaga kebersihan dan mempertahankan Piala Adipura,” tutupnya. (MC Bone Bolango/RG/Awal/Humas/Kadir)