Karnaval Pesona Danau Toba Akan Kembali Digelar di Balige

:


Oleh MC Toba Samosir, Kamis, 3 Agustus 2017 | 18:41 WIB - Redaktur: Tobari - 345


Balige, InfoPublik - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), akan menyelenggarakan Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige.

Konsepnya hampir sama dengan Karnaval Kemerdekaan Republik Indonesia 2016 yang diselenggarakan di Balige, yang ketika itu dihadiri Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat tinggi negara.

“Peserta Karnaval ini nanti ada 2.000 orang, dan 500 di antaranya merupakan peserta inti, untuk manghunti tandok (menjunjung tandok), bermain trompet sangkakala dan lainnya,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ultri Simangunsong di kantornya, di Balige, Kamis (3/8).

Menurut Ultri, pada Karnaval ini direncanakan akan hadir Menteri Pariwisata, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, anggota DPR RI dan lainnya. “Utusan 7 Kabupaten di Kawasan Danau Toba juga akan ikut dalam Karnaval ini,” katanya.

Sementara dari Tobasa sendiri, selain peserta inti, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tobasa, perwakilan dari 16 kecamatan dan BUMN/BUMD akan turut dilibatkan untuk menampilkan mobil hias masing-masing.

Namun sebelum itu, menurut Ultri, untuk memeriahkan Karnaval Pesona Danau Toba 2017, akan digelar Festival akuistik, permainan tradisional martumba, pertunjukan uning-uningan, kulineri dan pesta rakyat.

Selain mempromosikan budaya dalam rangka mendukung destinasi wisata, Karnaval ini dimaksudkan juga untuk persatuan dan kesatuan bangsa. Karena budaya, diakui sangat strategis memperkokoh persatuan bangsa.

“Itulah beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan pada Karnaval Pesona Danau Toba nanti. Rutenya direncanakan akan dimulai dari Soposurung–Kota Balige,” ujarnya. (edu/rik mctobasa/toeb)