DisperindagkopUKM Meranti Gelar Pelatihan Pengolahan Sagu

:


Oleh dishubkominfo kab meranti, Kamis, 3 Agustus 2017 | 20:27 WIB - Redaktur: Tobari - 716


Selatpanjang, InfoPublik - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Meranti menggelar acara pelatihan pengolahan aneka jenis makanan berbahan baku sagu tahun 2017, di hotel Dyva, Kamis (3/8).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Sekda Kabupaten Meranti Yulian Norwis dan dihadiri oleh Kepala Dinas, Kepala Badan, narasumber dari provinsi Riau, Tim PKK, Dekranasda dan UKM se-kabupaten Kepulauan Meranti.

KadisperindagKopUKM Meranti Azza Fahroni menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh DisperindagKopUKM dalam meningkatkan pengetahuan tentang pengolahan sagu, dimana sagu merupakan produk andalan yang melimpah di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dikatakannya juga bahwa di Meranti ada 100 UKM yang menggunakan bahan baku sagu yang tersebar di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti dan yang paling banyak terdapat di Kecamatan Tebing Tinggi.

“Sebenarnya banyak yang mampu mengolah sagu menjadi aneka jenis makanan namun mereka tidak eksis dalam artian hanya berproduksi jika hanya mendapatkan pesanan atau tempahan,” ujar Azza

Selaku Sekda Kabupaten Meranti, Yulian Norwis menanggapi baik kegiatan tersebut, dan dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa sagu Meranti merupakan sagu terbaik di dunia dari hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar-pakar sagu yang ada di Indonesia dengan luas sekitar 38.000 hektare dan produksi 200.000 ton per tahun.

“Dari hasil produksi sagu ini, kita sudah pernah mendapat rekor MURI melalui ibu-ibu PKK dan Dekranasda,” kata Yulian Norwis

Ia berharap melalui pelatihan tersebut dapat meningkatkan komunitas sagu di Meranti sehingga benar-benar menjadi produk unggulan yang bisa menghasilkan aneka jenis makanan yang berkualitas sehingga semakin terkenal hingga nasional. (MC Meranti/HS/ip/toeb)