Menpora Dukung West Java Marathon International 2017

:


Oleh Astra Desita, Kamis, 3 Agustus 2017 | 15:40 WIB - Redaktur: Juli - 359


Jakarta, InfoPublik - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi didampingi Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menerima Panitia West Java Marathon International 2017 yang dipimpin oleh Yunandar Eka Prawira, di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, Kamis (3/8). Lari Marathon Internasional ini merupakan yang pertama di Jawa Barat dan akan dihelat pada tanggal 15 Oktober 2017.

Mengangkat "Eco Marathon" dengan arena dan suasana alam dari Ciwiday hingga Malabar Pangalengan dengan melalui berbagai wisata gunung, perkebunan teh, perkebunan kopi, meniti tepi danua, menjadi daya tarik tersendiri dibanding marathon-marathon yang pernah diadakan. Ditambah lagi isu "green eco" yang mendunia, marathon ini dikemas sedemikian rupa sehingga ada kesadaran untuk menjaga lingkungan dari bebas sampah.

Menpora menyambut baik rencana besar ini, dan berharap karena merupakan pionir awal untuk menarik minat banyak orang dapat diadakan grand launching di beberapa kota, dan diawali di Jakarta dengan Kemenpora menjadi tempatnya.

Di samping itu media partner juga harus dijalin hubungan sejak awal agar promosi sport turism tersebar secara masif dan dapat mendongkrak datangnya turis mancanegara. Tempat secara prinsip sudah memadai namun perlu dikaji kembali supaya pengunjung dan penonton semakin mudah menjangkau dan menikmati yang pada akhirnya punya implikasi atau dampak ekonomi yang semakin membaik.

"Saya menyambut baik rencana besar ini, saya berharap grand launching bisa di Jakarta dan silakan Kemenpora sebagai tempat, dan bisa ditambah dengan Kemenpar. Media partner dan tempat diperhatikan agar promosi sport turism semakin meningkatkan dampak ekonomi masyarakat," harap Menpora.

Target 3000 peserta dari negara luar sudah dijalin komunikasi melalui Kerjasama Antar Provinsi seperti dengan 4 provinsi di Cina, dan masing-masing 1 provinsi di Australia, Jepang, Rusia, Belgia, dan Maroko.

"Wisman di Jawa Barat masih rendah, hanya 1 juta per tahun, diharapkan dengan adanya Marathon Internasional  ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan, melahirkan prestasi, meningkatnya sport turism," kata Inisiator West Java Marathon 21017 Yunandar.

Panitia yang turut serta hadir dalam audiensi, Akiniaki dari Race Management, Teddy Cherawan dan Riga Haruman Anshar dari Dispora, Krisna , Yuli, dan Nita dari Klikplus Asia.