Bakesbang Gelar Pembinaan Untuk Menangkal Radikalisme

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Rabu, 2 Agustus 2017 | 18:28 WIB - Redaktur: Tobari - 287


Sumenep, InfoPublik – Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpolinmas) Kabupaten Sumenep terus melakukan upaya dalam menangkal aliran keras yang mengarah pada gerakan terorisme atau paham radikalisme, dengan melakukan pembinaan hingga di tingkat Kecamatan.

Langkah tersebut dilakukan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah.

Kepala Bakesbangpollinmas Kabupaten Sumenep Mohammad Kafrawi, S.Sos, M.Si mengungkapkan, dalam rangka meminimalisir ajaran radikalisme pembinaan dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban, utamanya bagi warga pendatang baru yang tidak jelas identitasnya untuk melapor 1 x 24 jam di tingkat Desa.

“Ini penting dilakukan, karena saat ini aliran radikal sudah mengarah pada gerakan ISIS,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (2/8).

Kafrawi berharap, masyarakat menggalang persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh aksi teror, serta gerakan-gerakan yang memecah keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Disamping itu, selain untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, pihaknya juga menggelar pertemuan dengan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB). Hal itu untuk menekankan, agar masyarakat juga tetap berpegang teguh pada konsensus dasar negara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Sosialisasi dan pembinaan untuk menangkal paham radikalisme sudah kami lakukan, di Kecamatan Batuan dan Kalianget,” katanya. (Ren/Esha/Fer/toeb)