2018 Palembang Target Cetak 15 Ribu Pengusaha Baru

:


Oleh MC Kota Palembang, Selasa, 1 Agustus 2017 | 10:46 WIB - Redaktur: Kusnadi - 327


Palembang, InfoPublik - Usai sudah penyelenggaraan Palembang Expo 2017, acara itu ditutup secara resmi oleh Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Senin (31/7) di PSCC Hall.

Selama empat hari digelar, mulai 28 Juli, event tahunan yang bertujuan mempromosikan dan memasarkan produk hasil kerajinan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Palembang, diikuti 60 peserta. Antara lain dari bidang jasa, infrastruktur dan tekstil.

“Pengunjung mencapai 5.000 orang, dengan total transaksi selama empat hari penyelenggaraan Rp5 miliar,” ujar ketua panitia sekaligus Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Palembang, Hardayani, dalam laporannya.

Kendati masih di bawah target yakni Rp6 miliar, Hardayani mengatakan pihaknya akan terus menggelar event serupa tahun depan, tentunya dengan sejumlah evaluasi dan pembenahan.

Hardayani menjelaskan, salah satu yang menjadi output dari gelaran ini adalah untuk meningkatkan lagi keterlibatan UMKM lokal.

Dimana saat ini pemkot Palembang tengah mengupayakan pemberian pinjaman dengan bunga yang disubsidi.

Tujuannya tak lain untuk meningkatkan daya saing pelaku UMKM di Palembang agar naik kelas ke skala nasional.

Kerja sama dengan pihak perbankan juga akan dilakukan melalui pinjaman dana bergulir.

“Ini akan membuka kesempatan bagi pelaku kewirausahaan baru untuk memulai langkah, juga mengembangkan bisnis yang telah dijalani. Menjadi salah satu program Pemkot untuk meningkatkan daya saing warganya,” kata Hardayani.

Wali Kota Palembang Harnojoyo dalam kesempatan tersebut mengapresiasi peran serta semua pihak yang terlibat dalam Palembang Expo.

Mulai dari BUMN, BUMD, pemkot dan pemkab di Sumsel serta seluruh pengunjung yang telah meramaikan acara.

Harnojoyo mengatakan, untuk UMKM, pihaknya menargetkan tahun depan mencetak 15.000 wirausahawan baru.

“Ini komitmen kita. Melihat hasil yang muncul dari Palembang Expo meski hanya hitungan hari, Palembang punya magnet, menjadi tempat investasi yang baik. Didukung pula dengan iklim yang kondusif, seperti yang disampaikan bapak Kapolda dan Kapolresta kepada kami,” kata Harnojoyo.

Oleh karena itu, Harnojoyo berharap, dalam gelaran berikutnya, akan lebih banyak lagi yang terlibat dari sisi pelaku usaha, sehingga dapat menunjukkan eksistensi wirausahawan kota Palembang.

“Kita tentu punya kemampuan bersaing, bahkan secara internasional. Karena itu, kita bersama harus ciptakan kesempatan tersebut. Salah satunya dengan terlibat dalam kegiatan seperti ini,” ajak Harnojoyo. (Wahyu/Hidayatullah/Kus)