Pengusulan Raja Sangnaualuh Damanik Menjadi Pahlawan Nasional Dibahas di Senayan

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Selasa, 1 Agustus 2017 | 07:05 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 789


Jakarta, Infopublik - Pertemuan antara Pemerintah Kota Pematangsiantar, DPRD Pematangsiantar, dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta ahli waris dengan panitia pengusul calon Pahlawan Nasional RI Raja Sang Naualuh Damanik kembali digelar.

Pertemuan kali ini berlangsung di ruang BPKK Gedung A DPR RI Senayan Jakarta, Senin (31/7). Pertemuan ini dikemas dengan acara silaturrahmi dan diskusi tentang sejarah perjuangan Raja Sang Naualuh Damanik.

Raja Sangnaualuh Damanik diusulkan menjadi calon Pahlawan Nasional RI tahun 2017 kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Nyonya Syah Alam Damanik selaku perwakilan dari ahli waris keturunan Raja Sang Naualuh Damanik telah membuat surat kuasa kepada Dewan Pimpinan Pusat Partuha Maujana Simalungun (DPP PMS) untuk mengusulkan ke pemerintah melalui Kemensos RI agar Raja Sang Naualuh Damanik dapat ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Atas dasar surat kuasa tersebut DPP PMS telah membentuk panitia pengusul, dan pada tanggal 28 Mei 2017 panitia telah mendaftarkan dan menyerahkan dokumen pendukung tentang sejarah perjuangan Raja Sang Naualuh Damanik dalam menentang penjajahan belanda.

Dalam kesempatan tersebut ketua panitia pengusul Marsiaman Saragih, yang juga anggota DPR RI mengatakan, perjuangan ini akan kita lakukan semaksimal mungkin karena kita tau dan yakini, berdasarkan hasil Focus Grup Discussion (FGD) dan beberapa kali seminar telah menghasilkan kesimpulan bahwa Raja Sang Naualuh Damanik sudah layak dan memenuhi persyaratan untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Kita ketahui Raja Sang Naualuh Damanik sudah menjadi ikon di Kota Pematangsiantar dan sudah banyak karya perjuangannya baik di Kota Pematangsiatar dan Kabupaten Simalungun. Seperti penggunaan nama Raja Sang Naualuh Damanik sebagai nama Jalan di Kota Pematangsiantar.

Acara silaturahmi dan diskusi tersebut dihadiri Plh Wali Kota Hefriansyah, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Eliakim Simanjuntak, Mangatas Silalahi, dan Timbul Marganda Linga, Kepala Bappeda Median Sianturi, Kadis Pariwisata Fatimah Siregar, Perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Barita Sihite, Sekertaris Dinas Sosial Sumatera Utara, dan lainnya. (Humas Pemko Pematangsiantar)