Bulog Pastikan Stok Beras Aman Hingga 7 Bulan Ke Depan

:


Oleh Baheramsyah, Senin, 31 Juli 2017 | 14:08 WIB - Redaktur: Juli - 392


Jakarta, InfoPublik - Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Siti Kuwati mengatakan, Perum BULOG diberikan penugasan oleh pemerintah untuk melakukan pelaksanaan pembelian gabah/beras secara nasional sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

Hal tersebut Sesuai Inpres No.5 Tahun 2015 yang telah ditetapkan, bahwa harga Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani sebesar Rp3.700/kg, GKP di tingkat penggilingan Rp3.750/kg, sementara Gabah Kering Giling (GKG) di tingkat penggilingan sebesar Rp4.600/kg, GKG di gudang BULOG Rp4.650/kg dan beras di gudang BULOG Rp7.300/kg.

“Berdasarkan pantauan petugas BULOG di lapangan, harga gabah maupun beras bergerak di atas HPP. Harga GKP di tingkat petani saat ini mencapai Rp4.528/kg, GKP di tingkat penggilingan Rp4.615/kg, GKG di tingkat penggilingan Rp5.677/kg, dan harga beras mencapai Rp8.493/kg untuk kualitas medium. harga tersebut cenderung stabil dan tidak banyak mengalami perubahan dibanding minggu sebelumnya,” ungkap Siti Kuwati di Jakarta, Senin (31/7).

Siti Kuwati menambahkan, terjadinya harga berada di atas HPP tersebut masih dinilai wajar mengingat di beberapa wilayah belum memasuki masa panen.

Namun demikian, Perum BULOG tetap terus berupaya melakukan penyerapan gabah/beras baik langsung melalui petani ataupun melalui mitra-mitra penggilingan. Realisasi Pengadaan Perum BULOG secara nasional saat ini mencapai 1.528.723 ton.

“Dengan penyerapan sebesar itu, stok yang dimiliki oleh Perum BULOG saat ini sangat aman dan dapat memenuhi sampai dengan 7,66 bulan ke depan. Sehingga dengan adanya stok tersebut, kebutuhan penyaluran rastra dan operasi pasar pada saat dibutuhkan, dapat terpenuhi,” tuturnya.