Haji 2017, Pakde Karwo Lepas Kloter Asal Kabupaten Kediri

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 28 Juli 2017 | 14:01 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 390


Surabaya InfoPublik - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo, melepas sebanyak 1.350 jamaah calon haji asal Kabupaten Kediri dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya menuju Bandara Juanda Sidoarjo.

Dikonfirmasi usai pemberangkatan, Pakde berharap kepada seluruh jamaah agar menjaga kondisi kesehatan selama berada di Tanah Suci.

Mengingat iklim antara Indonesia dan Arab Saudi sangat berbeda. "Suhu di Arab saat ini bisa mencapai 43 derajat di Indonesia mungkin hanya 32 derajat, rapi dengan niat dan semangat tinggi saya yakin para jamaah bisa tetap sehat dan menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji," terangnya.

Dikatakan Pakde tahun ini jumlah jamaah calon haji Jatim mencapai 35.270 orang. Sedangkan jumlah jamaah yang risiko tinggi hanya 40 orang. "Jumlah jamaah yang risiko tinggi tahun menurun tahun lalu 60 orang, tahun ini 40 orang," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Pakde berpesan kepada seluruh jamaah agar selalu bersikap santun dan ramah serta mendoakan Indonesia dan Jatim menjadi lebih sejahtera, tentram, nyaman dan aman.

"Harus diingat bahwa di Arab Saudi jamaah kita akan bertemu dengan jamaah dari seluruh dunia, jaga nama baik Indonesia dan doakanlah negara ini menjadi lebih sejahtera," harapnya.

Sementara Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jatim, Syamsul Bahri menambahkan, sebelum diberangkatkan hari ini, para jamaah menjalani tes kesehatan yang diselenggarakan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya. Tes tersebut merupakan pemeriksaan final jamaah haji sebelum benar-benar berangkat ke Arab Saudi. “Yang dites, yaitu tekanan darah, tes urine, dan tes kehamilan,” tuturnya.

Selain melayani pemberangkatan jamaah asal Jatim, embarkasi Surabaya juga melayani jamaah asal Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT). "Dari Bali ada 700 jamaah dan NTT 670 jamaah," jelasnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr)