Gubri Hadiri Rakornas TPID

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 28 Juli 2017 | 09:06 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 200


Pekanbaru, InfoPublik - Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman turut hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (27/07).

Rakornas TPID dihadiri langsung Presiden Ir Joko Widodo dan sejumlah menteri dari Kabinet Kerja serta pejabat tinggi lainnya termasuk para gubernur seluruh Indonesia.

Di sela-sela Rakornas, Gubri berkesempatan bersilaturrahmi dengan sejumlah menteri termasuk Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengucapkan rasa syukur karena angka inflasi di Indonesia terbilang rendah pada 2017 ini. Bahkan, angka itu disebut terendah sepanjang tujuh tahun terakhir.

Berdasarkan informasi Bank Indonesia (BI), rata-rata inflasi periode 2016 hingga Juli 2017 sebesar 3,02 persen. Angka ini turun dari inflasi 2015 yakni sebesar 3,35 persen.

"Artinya, kita sudah mulai masuk ke era inflasi rendah," sebutnya.Presiden juga mengapresiasi kinerja para gubernur, bupati dan walikota yang dinilai mulai mengerti pentingnya mengendalikan inflasi.

Gubri Andi Rachman sebelumnya juga sudah berkali-kali turun ke pasar di hampir seluruh kabupaten/kota se-Riau, terutama selama dan menjelang Lebaran Idul Fitri tahun ini untuk memastikan kestabilan harga.Sejauh ini, harga-harga khususnya kebutuhan pokok di Riau cukup stabil.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau S Aden Gultom kepada sejumlah media di Pekanbaru, mengatakan Provinsi Riau berhasil memecahkan rekor inflasi terendah sepanjang sejarah. Pada momen lebaran tahun ini bahkan hanya sebesar 0,27 persen.

BPS juga mencatat Pekanbaru sebagai kota dengan inflasi terendah dari 23 kota di Sumatera dan peringkat kedua inflasi terendah secara nasional.(MC Riau/mtr/eyv)